Pemkot Surabaya Utamakan Penyekatan Suramadu Arah Bangkalan

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 17:01 WIB
Atas kesepakatan bersama, arah Bangkalan jadi prioritas dalam penyekatan di Suramadu sisi Surabaya. Test COVID-19 akan terus dilakukan.
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Atas kesepakatan bersama, arah Bangkalan jadi prioritas dalam penyekatan di Suramadu sisi Surabaya. Test COVID-19 akan terus dilakukan.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, nanti akan ada surat tugas bersama dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. "Sebenarnya Surabaya nggak perlu melakukan swab di sini (Suramadu arah Surabaya) kalau di sana sudah swab. Karena perjanjiannya yang melakukan swab ada di Bangkalan," kata Eri kepada wartawan di Suramadu sisi Surabaya, Rabu (16/6/2021).

Eri juga menjelaskan, Surabaya hanya membantu testing di penyekatan Suramadu arah Kota Pahlawan. Ketika pengendara lolos dari testing penyekatan di Bangkalan, maka akan dites saat melintas di penyekatan Suramadu sisi Surabaya.

"Kalau lepas, kita yang bantu Bangkalan lah, bantu Madura. Karena Surabaya kan konsennya ke sana. Itu yang kita lakukan awal. Tapi kalau terlalu banyak (yang di-testing di Suramadu arah Surabaya), kita nggak sanggup," jelasnya.

Ia kembali menegaskan akan ada surat tugas bersama dari Gubernur Jatim. Bagaimana menjaga kebersamaan testing di penyekatan untuk menekan penyebaran COVID-19.

"Nanti yang dari arah Madura ke Surabaya, maka yang melakukan swab adalah Bangkalan," ujarnya.

Sekarang pihaknya akan menjadikan arah Bangkalan sebagai prioritas dalam penyekatan di Suramadu sisi Surabaya.

"Surabaya di sini tetap. Kalau di sana (Bangkalan) di luar pelat M, karena di sana nggak mampu, maka dilepas. Kalau di sana mampu ya kita tidak (melakukan testing). Kita melakukan dari sisi kiri. Kita jaga di sana sekarang (arah Bangkalan). Kewajiban kita di sana sekarang. Sisi masuk Bangkalan, sisi keluar menuju Bangkalan," urainya.

Nakes yang melakukan testing di penyekatan Bangkalan dari Pemprov. Tetapi jika Surabaya diminta membantu, maka Pemkot siap membantu.

(sun/bdh)