Kapolres Tuban Pamitan ke Anggota hingga Ulama

Ainur Rofiq - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 14:42 WIB
AKBP Ruruh Wicaksono akan menanggalkan jabatannya sebagai Kapolres Tuban. Ia akan digantikan oleh AKBP Darman, yang sebelumnya menjabat Kapolres Sumenep.
AKBP Ruruh Wicaksono berpamitan kepada seluruh anggota Polres Tuban/Foto: Ainur Rofiq/detikcom
Tuban -

AKBP Ruruh Wicaksono akan menanggalkan jabatannya sebagai Kapolres Tuban. Ia akan digantikan oleh AKBP Darman, yang sebelumnya menjabat Kapolres Sumenep.

Sesuai rencana, serah terima jabatan akan dilaksanakan di Polda Jatim pada Kamis (17/6). Ruruh akan menempati jabatan baru sebagai Kasubbaglekdikbangum Baglekdik Rodalpers SSDM Polri.

Sebelum meninggalkan Kota Wali untuk berdinas di Mabes Polri, ia sowan ke kediaman para ulama untuk pamit dan memohon doa restu. Lalu silaturahmi dengan awak media dan hari ini berpamitan kepada seluruh anggota Polres Tuban.

Di halaman Mapolres Tuban, Ruruh pamit dan berjalan menyalami satu per satu anggota setelah apel pagi digelar. Ruruh sadar betul keberhasilannya dalam menjaga kondusivitas di Tuban tak lain berkat dukungan seluruh personelnya.

"Pagi ini saya pamit kepada rekan-rekan semua karena besok saya akan melaksanakan serah terima di Polda Jatim. Terima kasih atas dukungan rekan-rekan selama ini, tanpa dukungan rekan-rekan semua, saya di sini bukanlah apa-apa," tutur Ruruh.

Ruruh menjabat Kapolres Tuban terhitung cukup lama, hampir 16 bulan. Berbagai kegiatan dan terobosan juga ditorehkannya. Salah satunya membangun masjid ala Timur Tengah, yang dananya merupakan partisipasi dari para anggota dan kawan Ruruh.

Ruruh berharap anggota dapat merasakan kehadiran pimpinan bukan sekadar menjadi komandan. Namun juga hadir sebagai teman.

"Alhamdulillah, perlu cara-cara berbeda untuk bisa dekat agar anggota merasakan kehadiran pimpinan, jangan sampai anggota merasa jauh seperti langit dan bumi. Karena kapolres harus bisa menjadi atasan, komandan, teman, kolega serta mitra sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada," imbuhnya.

Sementara Kasubbag Humas Polres Tuban, Iptu Budi Handoyo mengatakan, baru kali ini ada seorang kapolres yang menjelang pindah tugas berpamitan dengan mendatangi personelnya.

"Sudah 21 kali pergantian kapolres selama saya berdinas di Tuban ini, baru kali ini ada kapolres yang berpamitan dengan mendatangi personelnya satu per satu. Beliau memang sangat dekat dengan personel," ucap Iptu Budi.

Menurutnya, selama menjabat di Polres Tuban, AKBP Ruruh tidak hanya dikenal sebagai sosok pemimpin yang tegas, tapi juga humanis. Yang mengutamakan rasa kemanusiaan, menghargai dan menghormati orang lain. Memiliki rasa empati yang tinggi, sehingga tak jarang ia wujudkan dengan kepeduliannya terhadap personel maupun masyarakat di sekitarnya.

(sun/bdh)