Cegah Premanisme, 11 Anjal di Kota Pasuruan Dikirim ke Ponpes Metal

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 18:09 WIB
ponpes metal
11 Anjal di Kota Pasuruan diserahkan ke Ponpes Metal untuk dibina (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Sebanyak 11 anak jalanan (anjal) Kota Pasuruan diamankan polisi. Mereka kemudian dikirim ke Pondok Pesantren (ponpes) Metal, Rejoso, untuk dilakukan pembinaan.

Penyisiran anjal dilakukan dalam rangka mencegah premanisme di jalan raya. Upaya itu dilakukan Polres Pasuruan Kota sebagai tindak lanjut perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Kapolri terkait pemberantasan premanisme dan pungli di wilayah Indonesia.

Penyisiran yang dipimpin langsung Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman dilakukan sejumlah lokasi. Antara lain simpang empat Gadingrejo, simpang empat Gedong Woloe , simpang empat Kumala Purworejo, simpang empat Blandongan, simpang empat Purut, dan simpang empat Kebun Agung.

"Kami menertibkan 11 orang, langsung dibawa ke Polres Pasuruan Kota untuk melaksanakan pendataan. Setelah itu kami kirim menuju Pondok Pesantren Metal," kata Arman, Senin (14/6/2021).

Arman mengatakan pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan Ponpes Metal untuk memberikan kesadaran secara terpadu pada para anjal. Ponpes Metal selama ini memang menampung anak-anak jalanan, mantan preman, anak terlantar dan mereka yang terbuang.

"Di Ponpes Metal sudah ada mantan preman juga yang mondok di sini, ada mantan pengedar narkoba dan bandar narkoba yang juga di sini. Dan alhamdulillah berhasil kembali ke jalan yang benar. Inilah yang diharapkan kepada para anak jalanan ataupun premanisme yang ada di jalan supaya bisa dikembalikan ke jalan yang benar," ungkap Arman.

(iwd/iwd)