Belasan Remaja di Surabaya Balap Liar dan Pesta Miras Diamankan

Esti Widiyana - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 12:25 WIB
Belasan Remaja di Surabaya Balap Liar dan Pesta Miras
Foto: Istimewa (Dok Polsek Asemrowo)
Surabaya -

11 Remaja diamankan Polsek Asemrowo. Mereka melakukan balap liar dan pesta miras di Jalan Margomulyo, Kelurahan Tambak Sarioso, Kecamatan Asemrowo, Sabtu (12/6) pukul 03.00 WIB. Belasan remaja dijemput orang tuanya masing-masing.

"Sekitar pukul 08.30 WIB 11 orang remaja yang diamankan, disaksian orang tuanya membuat surat pernyataan. Isinya tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Kami juga memberi imbauan kepada orang tuanya untuk mengawasi pergaulan anaknya di luar rumah, jika mengulangi perbuatan akan ditindak sesuai ketentuan," kata Kapolsek Asemrowo Kompol Hari Kurniawan, Minggu (13/6/2021).

Selain diamankan, petugas Puskesmas Kecamatan Asemrowo juga melakukan tes swab antigen ke 11 orang remaja tersebut. Dari hasil tes swab antigen, hasilnya negatif semua.

Kemudian, mereka membina 11 remaja yang diamankan beserta keluarganya. Ia berharap orang tua berperan aktif dalam pengawasan anaknya. Sebab, kegiatan tersebut bisa berlanjut pada penggunaan narkoba dan tindakan pidana lainnya.

Belasan Remaja di Surabaya Balap Liar dan Pesta MirasRemaja di Surabaya Balap Liar dan Pesta Miras dipertemukan ortu/ Foto: Istimewa (Dok Polsek Asemrowo)

Baca juga: Polisi Jaring Puluhan Remaja di Jalan Selatan Pacitan Diduga Akan Balap Liar

"Apa yang kami lakulan ini semata-mata hanya untuk ibadah, kami ingin menyelamatkan putra-putra bapak ibu semua dan generasi muda. Apa yang dilakukan oleh anak-anak kita tidak mutlak kesalahan mereka, namun juga tidak terlepas dari kesalahan orang tua yang kurang melakukan pengawasan," jelasnya.

Sebelum dipulangkan, belasan remaja tersebut bersimpuh meminta maaf kepada orang tua dan berjanji tidak aman mengulangi lagi perbuatannya.

Untuk barang bukti sepeda motor yang diamankan di Polsek Asemrowo, harus menunggu proses sidang selesai. Setelah proses sidang selesai, baru dapat diambil diambil tanpa dipungut biaya apapun.

"Lalu pukul 11.45 WIB remaja yang diamankan bersama dengan orang tua maupun keluarganya dipersilahkan pulang ke rumah masing-masing, dan situasi aman lancar," pungkasnya.

(fat/fat)