Golkar Cari Suara Loyalis Soeharto?

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 15:38 WIB
Agus Mahfudz Fauzi
Foto: Dok. Agus Mahfudz Fauzi
Surabaya -

Golkar Jatim menggelar doa dan tahlil untuk mengenang satu abad kelahiran Soeharto. Acara itu dinilai sebagai cara mengambil suara loyalis Soeharto yang terpecah ke banyak partai.

Pengamat Politik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Agus Mahfudz Fauzi menilai Golkar memang tidak lepas dari Soeharto. Menurut Agus, Golkar sedang berupaya mencari suara loyalis Soeharto (Soehartois) yang terpecah ke banyak partai.

"Bagaimanapun Golkar tidak bisa dilepas dari Pak Harto. Selama 32 tahun, dilihat dari positifnya Pak Harto, banyak masyarakat yang tentunya mencintai Pak Harto ketika itu. Saya kira wajar kalau Golkar mengejar suara loyalis Pak Harto, karena itu realistis," ujar Agus Mahfudz kepada detikcom, Rabu (9/6/2021).

Agus menyebut tugas Golkar untuk meraih suara dari loyalis Soeharto cukup berat. Yang pertama, para Soehartois ini sudah terpecah ke beberapa partai. Kedua, Soehartois saat ini mayoritas berusia sepuh. Diperlukan kecerdasan Golkar dalam mengola isu kepemimpinan Soeharto selama 32 tahun dahulu untuk bisa diterima di masyarakat saat ini khususnya milenial.

"Secara jumlah banyak, namun mayoritas berumur sepuh. Nah orang tua ini kan tidak seberapa punya kepentingan politik. Tentu sekarang, bagaimana Golkar harus bisa membranding positifnya Pak Harto selama 32 tahun, agar masyarakat khususnya yang milenial bisa tertarik. Apalagi, bisa meraih suara milenial yang katakan kecewa akan rezim politik saat ini, dan diberikan cerita 32 tahun Pak Harto, saya kira hal itu bisa positif (buat Golkar)," bebernya.

Agus menjelaskan Golkar harus bisa mencontoh PDI, selama 32 tahun menjadi oposisi. Saat reformasi 1998, PDI berhasil memanfaatkan momentum kekecewaan masyarakat, sehingga pada tahun 1999 bisa memenangkan Pemilu dan mengantar Megawati Soekarnoputri sebagai Wakil Presiden RI, yang berlanjut pada 2001 menjadi Presiden RI.

Lihat Video: Percapresan Dini Menuju 2024

[Gambas:Video 20detik]




Selanjutnya
Halaman
1 2