Jumlah Positif COVID-19 di Rusun Surabaya Bertambah, Total 62 Orang

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 11:00 WIB
10.390 Penghuni 18 Rusun di Surabaya Jalani Vaksinasi Serentak
Vaksinasi warga rusun di Surabaya (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Kasus COVID-19 di rumah susun Surabaya terus bertambah. Kali ini, ada tambahan 12 orang. Total penghuni rusun di Surabaya terpapar virus Corona ada 62 orang.

"Kemarin terakhir (Kasus COVID-19 di rusun ada) 50. Ada lagi tambahan 12-an pasien totalnya menjadi 62," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya Febria Rachmanita kepada wartawan, Selasa (8/6/2021).

Fenny, sapaan akrabnya menyebut COVID-19 tersebar di 18 rusun yang dikelola Pemkot Surabaya. Namun, jumlah yang paling banyak yakni di Rusun Penjaringan Sari.

"Yang 12 (Tambahan COVID-19 ini) tersebar. Ada yang bersih (tidak ada kasus). Penjaringan Sari sekitar 40-an yang kena. Paling banyak Penjaringan," jelasnya.

Di Rusun Penjaringan Sari, awalnya terdapat sekitar 25 penghuni yang positif COVID-19. Lalu dari hasil tracing, rata-rata warga rusun melakukan perjalanan luar kota pada 4 hingga 5 hari sebelum dilakukan swab massal.

"Karena yang di rusun lain itu ada yang memang tidak pulang (luar kota). Tapi di Rusun Penjaringan Sari (Ada yang luar kota). Mereka menyampaikan baru datang sekitar 4-5 hari sudah sampai di Surabaya. Swab itu hari ke-5 mereka datang (ke Surabaya). Semua diisolasi di Asrama Haji, tapi banyak yang sudah pulang. Karena pada saat 2 hari di sana setelah diberi obat, dan vitamin, hasil swabnya negatif. Rata-rata usia produktif dan mereka tanpa gejala," pungkasnya

Sebelumnya pada Minggu (6/6), sebanyak 10.390 penghuni rusun telah mendapat vaksinasi COVID-19 merek Sinovac. Selain penghuni rusun, pemkot juga melakukan vaksinasi tahap ketiga kepada penyandang disabilitas, ODGJ dan MBR.

Pascalebaran, pemkot juga menggelar swab massal bagi seluruh warga penghuni 18 Rusunawa Surabaya. Dari total 10.240 jumlah penghuni rusun yang mengikuti swab, sekitar 50 orang dinyatakan positif COVID-19.

(fat/fat)