Teknisi Hotel di Malang Tewas Terjepit Lift Akan Dimakamkan Hari Ini

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 29 Mei 2021 11:31 WIB
tekinisi hotel ibis malang tewas dibawa ke RSU dr Syaiful Anwar
Jenazah tekinisi hotel ibis malang tewas di RSU dr Syaiful Anwar (Istimewa)
Malang -

Jenazah Suprihandi Tjahjanta (54), teknisi Hotel Ibis Style Malang meninggal terjepit lift, rencananya dimakamkan hari ini. Setelah menjalani visum, jenazah dibawa ke rumah persemayaman Gotong Royong.

"Rencana pemakaman hari ini," kata Bambang (70), kerabat korban kepada detikcom, Sabtu (29/5/2021).

Sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP), korban tinggal di Jalan Ikan Lodan, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Korban meninggalkan tiga anak. Jumat (28/5) malam, jenazah dibawa ke rumah persemayaman Gotong Royong setelah menjalani visum di RSU dr Syaiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

Suprihandi ditemukan tewas terjepit di lift karyawan Hotel Ibis Jalan Letjen S Parman, Kota Malang, Jumat (28/5/2021) pagi. Korban sebelumnya tengah memperbaiki lift karyawan yang dilaporkan mengalami kerusakan pagi itu. Diduga saat memperbaiki lift, insiden itu terjadi.

Sementara BPJS Ketenagakerjaan Malang mencatat bahwa korban telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sejak Hotel Ibis berdiri yakni tahun 2014. Korban tercatat sebagai teknisi. Dengan begitu, ada manfaat yang diberikan oleh BPJS pasca insiden yang terjadi.

"Korban terdaftar sebagai peserta, sejak awal Hotel Ibis berdiri sebagai teknisi, terhitung kurang lebih 7 tahun dalam kurun waktu 2014 sampai 2021," kata Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Imam Santoso dalam keterangannya, Sabtu (29/5/2021).

Ada empat manfaat yang akan diterima korban sesuai dengan empat program yakni Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

"Korban terdaftar 4 program yakni JHT, JP, JKK, dan JKM. Ada manfaat JP berkala untuk ahli waris. Manfaat minimal tahun ini 356.600 per bulan dan saldo jaminan hari tua 7 tahun ," beber Imam.

"Nilai santunan, JKK Rp 170.800.000, JHT Rp 14.584.299.54 dan biaya pemakaman Rp 10 juta, beasiswa jenjang SMA Rp 3 juta/tahun dan beasiswa kuliah Rp 12 juta/tahun. Untuk JP berkala Rp 356.600/bulan," pungkas Imam.

(fat/fat)