Isi BBM, Mesin SPBU Banyuwangi dan Satu Sepeda Motor Hangus Terbakar

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 26 Mei 2021 17:25 WIB
kebakaran mesin spbu di banyuwangi
Salah satu mesin BBM di SPBU Banyuwangi terbakar (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Sebuah mesin BBM SPBU dan satu unit sepeda motor di Kecamatan Siliragung ludes terbakar. Kebakaran dipicu lantaran percikan api saat petugas mengisi tangki jerigen konsumen memakai sepeda motor. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Kebakaran terjadi di SPBU Siliragung, Banyuwangi, sekitar pukul 13.00 WIB, Rabu (26/5/2021). Video terbakarnya mesin SPBU dan motor itu pun viral di media sosial (Medsos).

Berdasarkan rekaman CCTV yang tersebar di media sosial, tampak seorang wanita yang mengendarai sepeda motor BeAT warna putih tengah mengisi BBM di SPBU. Tiba-tiba muncul percikan api yang langsung menyambar sepeda motor tersebut dan mesin pengisian BBM. Kobaran api hampir mengenai pengendara yang kebetulan duduk di atas motor saat mengisi BBM.

Beruntung dia selamat lantaran langsung meloncat saat terjadi kebakaran. Sementara petugas SPBU tampak berlarian mengambil alat pemadam kebakaran untuk menjinakkan kobaran api.

Kapolsek Siliragung AKP Sumono membenarkan peristiwa kebakaran di SPBU tersebut. Kebakaran terjadi dari percikan api di nozle pengisian yang menyambar tangki jirigen di sepeda motor konsumen.

"Iya benar. Kejadiannya sekitar pukul 13.00 WIB," katanya saat dikonfirmasi wartawan.

Kebakaran bermula saat pemilik sepeda motor Dewi Sujarwati mengisi BBM pada tangki yang terbuat dari seng di SPBU. Namun saat proses pengisian tiba-tiba muncul percikan dari nozzle (Tuas pengisian BBM) yang langsung menyambar sepeda motor dan mesin SPBU terbakar.

Butuh waktu sekitar 30 menit untuk menjinakkan kobaran api tersebut. Meski tak ada korban jiwa, namun kerugian akibat peristiwa kebakaran ini ditaksir mencapai 15 juta rupiah.

"Kita masih lakukan olat TKP. Kami akan melakukan penyelidikan terkait dengan insiden kebakaran tersebut," pungkasnya.

(fat/fat)