Dua TKI Jatim Terpapar Mutasi Baru Corona Varian B117 dan B1351

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 11:09 WIB
Poster
Ilustrasi COVID-19 (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Surabaya -

Dua pekerja migran Indonesia (PMI)/TKI Jatim terpapar mutasi baru virus Corona. Dua TKI itu berasal Jember dan Sampang, Madura. Kini mereka dirawat di ruangan khusus RS Lapangan Indrapura (RSLI).

Mereka baru kembali dari Malaysia. TKI asal Jember terpapar Corona B117 strain UK (United Kingdom), sedangkan TKI asal Sampang terpapar Corona B1351 strain Afrika Selatan (Afsel).

Varian Afrika Selatan memiliki nama resmi B1351 dan dijuluki 'varian raja'. Sedangkan varian 'London' atau sering disebut varian Inggris adalah B117. Keduanya termasuk Variant of Concern (VoC) yang diwaspadai.

Hal itu dibenarkan Jubir Satgas COVID-19 Jatim dr Makhyan Jibril saat dikonfirmasi detikcom.

"Iya benar, dua varian baru itu dari PMI yang datang ke Jatim sejak 27 April kemarin. Varian UK PMI asal Jember dan Afsel itu PMI asal Sampang. Kalau varian UK yang di Mojokerto sudah kasus lama," ujar Jibril, Selasa (18/5/2021).

Jibril menjelaskan varian baru Corona tersebut hasil sequencing sampel PMI yang pulang ke Jatim dan dinyatakan positif COVID-19. Sampel itu diperiksa di ITD Unair.

Hingga hari ini, TKI positif COVID-19 berjumlah 78. Sampel 76 di antaranya merupakan varian lama. Sedangkan dua lainnya menunjukkan varian baru virus COVID-19.

"PMI yang positif ada 78. Sebanyak 76 di antaranya, saat diperiksa, sampelnya masih varian lama. Sedangkan 2 PMI, saat sampelnya di-sequencing, menunjukkan varian baru," bebernya.

Sebelumnya, Menkes RI Budi Gunadi Sadikin menjelaskan ada kasus varian Corona Afrika Selatan (Afsel) dan Inggris pada TKI yang baru kembali dari Malaysia. Indonesia kembali menemukan dua kasus varian baru Corona di Jawa Timur.

"Dua-duanya merupakan pekerja migran Indonesia yang datang dari Malaysia. Mereka membawa satu mutasi Afrika Selatan dan satu mutasi dari London," kata Menkes Budi dalam konferensi pers yang disiarkan Sekretariat Presiden, Senin (17/5/2021).

(fat/fat)