Polisi Siaga 24 Jam Amankan Kelancaran Lalin di Pelabuhan Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 05:43 WIB
Penyeberangan di Pelabuhan ASDP Ketapang diserbu pemudik seiring dengan berakhirnya penyekatan mudik lebaran 2021, Senin (17/5/2021)
Arus balik di Pelabuhan Ketapang (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Polresta Banyuwangi mengerahkan petugas di Pelabuhan Ketapang mengantisipasi arus pemudik yang kembali ke Bali. Petugas Satuan Lalu Lintas, mengamankan kelancaran arus di Pelabuhan Ketapang 24 jam.

Sementara perpanjangan penyekatan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) hingga tanggal 24 Mei 2021, juga dilakukan di 4 titik check point di seluruh Banyuwangi.

Kasat Lantas Polresta Banyuwangi Kompol Akhmad Fani Rakhim mengatakan, pihaknya men-standby-kan personel lalu lintas di beberapa titik di sekitar Pelabuhan Ketapang. Ini dilakukan untuk membantu kelancaran pemudik yang akan kembali ke Bali via penyeberangan Selat Bali.

"Kita lakukan pengamanan jalur menuju Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi," ujarnya kepada detikcom, Selasa (18/5/2021).

Menurut Fani, arus lalu lintas menuju Pelabuhan Ketapang Banyuwangi lancar. Tidak ada antrean hingga meluber di luar pelabuhan. Polisi memeriksa kelengkapan surat bebas COVID-19 para pemudik di pintu masuk pelabuhan, sebelum menuju kapal.

"Petugas gabungan melakukan pemeriksaan di depan pintu masuk. Surat bebas COVID-19 seperti GeNose, Swab maupun rapid tes antigen harus dibawa sebelum menyeberang," tambahnya.

Untuk petugas, pihaknya menyiagakan 50 personel untuk membantu kelancaran jalur penyeberangan. "Kita juga bagi di beberapa titik penyekatan di cek poin yang tersebar di Banyuwangi," tandasnya.

Ditambahkan Kabagops Polresta Banyuwangi, Kompol Agung Setiabudi, fokus penyekatan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dilakukan di Pelabuhan Ketapang. Selain itu, juga ada di perbatasan Banyuwangi-Situbondo; Banyuwangi-Jember dan Banyuwangi-Bondowoso.

"Tetap kita dekat di check point yang sudah kita dirikan. Kita lihat rayonnya. Kalau satu rayon tetap menggunakan surat bebas COVID-19," pungkasnya.

Aturan larangan mudik telah berakhir hingga 17 Mei 2021. Sejumlah penumpang ramai datang ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, mereka hendak menyeberang ke Bali. Sebelum masuk ke pelabuhan, para penumpang tetap diminta untuk menunjukkan surat bebas COVID-19.

Sejumlah penumpang itu akan menyeberang bersama keluarganya. Terlihat, sejumlah penumpang merupakan pemudik itu ramai berdatangan ke pelabuhan.

Lihat juga video 'Tak Punya Surat Bebas COVID-19, Pemudik Diputar Balik di GT Cikampek':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)