Aksi Lucu Pemudik Saat Terjaring Penyekatan Arus Balik di Mojokerto

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 22:06 WIB
Petugas gabungan menghalau puluhan kendaraan pemudik yang akan kembali ke Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya dan Malang. Penyekatan arus balik Lebaran kali ini diwarnai tingkah konyol sejumlah pemudik.
Penyekatan di Mojokerto/Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom

Selain itu, 12 pemudik diminta menjalani rapid test antibodi. Mereka akan balik ke Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto dan Surabaya setelah mudik ke Jawa Tengah, Blitar dan sekitarnya.

Hasilnya, hanya dua pemudik yang reaktif. Namun, mereka diizinkan melanjutkan perjalanan setelah hasil rapid antigen mereka negatif dari COVID-19.

"Apabila hasil tes swab antigen positif, kami tes swab PCR. Kalau positif kami isolasi di tempat yang kami sediakan. Mereka tidak diizinkan keluar dari Mojokerto sebelum dinyatakan negatif dari COVID-19," terang Dony.

Ia mengimbau masyarakat Mojokerto yang balik dari kampung halaman secara sukarela menjalani rapid test antibodi di posko kampung tangguh Semeru di setiap desa. Pemeriksaan tersebut untuk mendeteksi potensi penyebaran COVID-19 melalui para pemudik.

"Kalau tidak melapor, tiga pilar desa akan mengecek dan mengisolasi paksa selama lima hari. Harapan kami masyarakat yang tidak mudik tidak terkena COVID-19," pungkas Dony.


(sun/bdh)