Dua TKI Asal Jatim Terpapar Mutasi Corona Dirawat di Ruang Khusus RS Darurat

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 18:53 WIB
Gubernur Khofifah Indar Parawansa
Gubernur Khofifah (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Dua pekerja migran Indonesia (PMI)/TKI Jatim terpapar mutasi baru virus Corona. Dua TKI itu berasal Jember dan Sampang, Madura.

Mereka baru kembali dari Malaysia. TKI asal Jember terpapar Corona B117 strain UK (United Kingdom), sedangkan TKI asal Sampang terpapar Corona B1351 strain Afrika Selatan (Afsel).

Gubernur Khofifah Indar Parawansa memastikan, saat ini kedua PMI tersebut sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya. Bahkan, keduanya ditempatkan di kamar khusus.

"Jumlah positif yang varian baru teman-teman ini kan sedang dirawat RSLI mereka ditempatkan di kamar khusus baik," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Senin (17/5/2021).

Khofifah meminta semua pihak khususnya pasien dan keluarganya untuk tetap tenang. Semua yang diketahui positif COVID-19 akan langsung ditangani sesuai prosedur di RSLI Surabaya. "Seluruh pasien tidak usah khawatir karena proses penanganan cukup cepat," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Indonesia kembali menemukan dua kasus varian baru Corona di Jawa Timur. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menjelaskan ada kasus varian Corona Afrika Selatan dan Inggris pada pekerja migran Indonesia yang baru kembali dari Malaysia.

"Dua-duanya merupakan pekerja migran Indonesia yang datang dari Malaysia. Mereka membawa satu mutasi Afrika Selatan dan satu mutasi dari London," kata Menkes Budi dalam konferensi pers yang disiarkan Sekretariat Presiden, Senin (17/5/2021).

(fat/fat)