Tamasya ke Kebun Raya Purwodadi Yuk!

Muhajir Arifin - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 08:28 WIB
Tempat-tempat wisata di Kabupaten Pasuruan buka selama libur Lebaran. Salah satu yang layak dikunjungi Kebun Raya Purwodadi.
Kebun Raya Purwodadi/Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan -

Tempat-tempat wisata di Kabupaten Pasuruan buka selama libur Lebaran. Salah satu yang layak dikunjungi Kebun Raya Purwodadi.

Di destinasi ini, pengunjung bisa bertamasya dengan tenang, menyusuri taman yang sejuk di bawah rindang pohon-pohon besar. Pengunjung juga bisa mengambil pengetahuan keanekaragaman hayati.

Kebun Raya Purwodadi menjadi pilihan berlibur yang nyaman dan aman di saat pandemi COVID-19. Selain lokasinya yang terbuka dan luas, protokol kesehatan juga diterapkan secara ketat.

Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Pasuruan, Kebun Raya Purwodadi mempersiapkan berbagai strategi mengantisipasi ramainya pengunjung masa libur Lebaran. Disiplin protokol kesehatan lebih diperketat.

"Tujuannya semata-mata untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat yang berkunjung," kata General Manager Kebun Raya Purwodadi, Galendra Jaya, Sabtu (15/5/2021).

Pengelola destinasi wisata yang berdekatan dengan Kabupaten Malang ini juga memiliki Satgas Internal yang selalu mengingatkan protokol kesehatan kepada pengunjung. Mereka akan keliling atau berpatroli setiap 30 menit menegur pengunjung yang berkerumun, supaya menggunakan masker, menjaga jarak dan menggunakan hand sanitizer.

"Satgas tersebut berfungsi sebagai crowd control, terutama di beberapa area yang menjadi titik keramaian," jelas Galendra.

Di berbagai lokasi pun diletakkan spanduk tentang anjuran 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi. Pengunjung dibatasi 50 persen dari kapasitas maksimal atau 2500 orang.

Menurut Galendra, pada hari kedua masa libur Lebaran tanggal 14 Mei, sebanyak 228 pengunjung datang ke Kebun Raya Purwodadi. Sebagai pelayanan publik di bidang eduwisata, Galendra berharap semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan pelayanan Kebun Raya Purwodadi.

"Pengujung bisa datang pada jam operasional yakni pukul 07.00 hingga 16.00 WIB, antara 15 Mei 2021 sampai dengan 16 Mei 2021," pungkasnya.

Simak juga 'Kunjungan Wisatawan ke Bali Menurun Drastis!':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)