Ratusan Warga Tes Antigen Acak Usai Mudik dari Madura

Faiq Azmi - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 22:22 WIB
Ratusan pengendara motor dan mobil di Jembatan Suramadu dikagetkan tes antigen acak di Pos Penyekatan Larangan Mudik 2021. Mayoritas yang terkena tes acak adalah pengendara roda dua
Polisi tes antigen acak di Suramadu (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Ratusan pengendara motor dan mobil di Jembatan Suramadu dikagetkan tes antigen acak di Pos Penyekatan Larangan Mudik 2021. Mayoritas yang terkena tes acak adalah pengendara roda dua.

Pantauan detikcom pada Sabtu (15/5) di Jalur Suramadu arah Kota Surabaya, ratusan pengendara baik roda dua dan empat terkena tes COVID-19 acak. Tes acak ini dilakukan sejak Sabtu (15/5) pagi hingga malam hari.

Salah satu pengendara Abdullah Rozak kaget terkena tes COVID-19 acak. Ia mengaku sudah vaksin. "Kaget, tapi ya gimana, kita nurut aja. Padahal saya sudah vaksin," ujarnya di lokasi.

Dirinya mengaku, baru saja mudik dari Sampang sejak Senin (10/5) lalu. Dari hasil tes antigennya, ia dinyatakan non-reaktif. "Ini mau balik ke Krian, karena kerja di Sidoarjo," ungkapnya.

Pengendara lain, Juliana mengaku sudah terbiasa di tes COVID-19. Dirinya siap menerima risiko dites acak oleh petugas. "Ya gimana lagi, wong saya dengar kabarnya ada tes acak. Cuma ya udah biasa diswab, alhamdullilah ini juga negatif," terangnya.

KA POS PAM Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Iptu Sumarto di lokasi menjelaskan, sekitar ratusan pengendara dites COVID-19 acak. Pasalnya, banyak pengendara saat dicek petugas, tidak membawa surat tugas bebas COVID-19.

"Jadi mereka tidak membawa surat sehat bebas COVID-19. Kalau antigennya reaktif, maka dilanjutkan ke Dinkes untuk dilakukan swab PCR," ungkapnya.

(fat/fat)