Persewaan Kuda dan Perahu di Telaga Sarangan Sepi Akibat Larangan Mudik

Sugeng Harianto - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 18:05 WIB
Persewaan kuda dan perahu di telaga sarangan sepi akibat larangan mudik
Telaga Sarangan (Foto: Sugeng Harianto/detikcom)
Magetan -

Kebijakan larangan mudik 2021 dikeluhkan pengelola wisata. Termasuk juga pemilik jasa persewaan speedboat dan kuda di obyek wisata Telaga Sarangan Magetan. Mereka mengaku omzet persewaan mereka turun hingga 80 persen.

"Sepi banget ini," ujar Ivan, pemilik jasa sewa speedboat kepada detikcom, Sabtu (15/5/2021).

Penurunan pengunjung yang menyewa jasa speedboat, kata Ivan, sangat terasa sejak pandemi COVID-19. Ditambah lagi dengan pelarangan mudik, membuat penurunan ya mencapai 80 persen.

"Waduh dapat satu dua tarikan sudah beruntung ini sepi pol,'' kata Ivan.

Ivan mengaku, dalam sehari libur kedua lebaran Jumat (14/5) kemarin dalam sehari hanya mendapat tiga kali pengunjung menyewa speedboatnya. Padahal sebelum pandemi COVID-19 dan belum ada larangan mudik bisa mencapai 10 hingga 20 orang dalam sehari saat libur.

"Biasanya Sabtu Minggu omset bisa Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta saat libur panjang sehari. Kini hanya Rp 100 ribu sudah alhamdulillah," paparnya.

Hal senada juga diakui oleh Sulis (45) pemilik jasa sewa kuda keliling Telaga Sarangan. Menurutnya jika dalam sehari sebelum COVID-19 dan belum ada larangan mudik, peminat persewaan kuda keliling bisa mendapat enam sampai sepuluh pengunjung. Kini hanya ada dua hingga empat saja.

Selanjutnya
Halaman
1 2