Gubernur Khofifah Cek Persiapan Salat Id di Masjid Kota Mojokerto

- detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 16:49 WIB
gubernur khofifah
Gubernur Khofifah mengecek langsung persiapan salat Id di Kota Mojokerto (Foto: Enggran Eko Budianto)
Mojokerto -

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengecek langsung persiapan salat Idul Fitri di Masjid Agung Al Fattah, Kota Mojokerto. Khofifah ingin kebijakan terkait protokol kesehatan (prokes) untuk salat hari raya benar-benar diterapkan di setiap masjid.

Khofifah mengatakan tidak ada satu pun kabupaten maupun kota di wilayahnya yang dilarang menggelar Salat Idul Fitri. Karena tidak ada daerah yang menjadi zona merah penyebaran COVID-19.

"Kebetulan di Jatim tidak ada zona merah. Kota Mojokerto kategori kuning mengarah ke hijau," kata Gubernur Khofifah kepada wartawan di Masjid Agung Al Fattah, Kota Mojokerto, Rabu (12/5/2021).

Oleh sebab itu, lanjut Khofifah, pihaknya telah mengeluarkan kebijakan terkait prokes yang wajib dipatuhi semua masjid saat Salat Id. Bersama Kodam V/Brawijaya dan Polda Jatim, ia juga mengecek langsung persiapan prokes di beberapa masjid. Salah satunya di Kota Mojokerto.

"Hari ini kami meninjau tempat yang besok untuk Salat Idul Fitri. Kami ingin memastikan semua proses mematuhi protokol kesehatan yang ketat," terangnya.

Khofifah meminta para takmir masjid membatasi jumlah jemaah. Para takmir masjid juga diminta mengatur proses masuk jemaah ke masjid dan menyediakan tempat penyimpanan alas kaki di samping tiap barisan salat. Sehingga tidak terjadi kerumunan hingga selesainya salat lebaran besok pagi, Kamis (13/5).

"Titik titik potensial kerumunan harus diantisipasi. Informasi dari takmir besok ada jajaran polisi dan polwan untuk mengatur kepulangan jemaah, diatur bergiliran mulai saf belakang. Mudah-mudahan semua bisa mengikuti format ini. Salat khusyuk, prokes diikuti dengan baik," jelasnya.

Khofifah juga mengimbau umat muslim di Jatim mengikuti Salat Idul Fitri di masjid atau lapangan terdekat dengan tempat tinggal masing-masing. "Kami mohon para calon jemaah Salat Id besok carilah masjid dan lapangan terdekat dari tempat tinggal," tandasnya.

(iwd/Enggran Eko Budianto)