Pulang dari Malaysia, Dua Pekerja Migran asal Banyuwangi Positif COVID-19

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 21:20 WIB
2 pekerja migran asal banyuwangi positif covid
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Sebanyak 2 pekerja migran Indonesia (PMI) yang tiba di Banyuwangi terpapar COVID-19. Pekerja migran ini datang dari Malaysia. Saat ini, keduanya melakukan isolasi di Gedung Diklat PNS, Kecamatan Licin, Banyuwangi.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono mengatakan setiap PMI yang datang langsung dibawa ke pusat karantina terpadu yang bertempat di Balai Diklat Desa Tamansari, Kecamatan Licin untuk menjalani karantina selama 3 hari. Begitu tiba di lokasi karantina langsung dilakukan test swab PCR.

"Dua orang dinyatakan positif COVID-19," tegasnya.

Dua orang PMI yang dinyatakan positif COVID-19 ini sama-sama berasal dari Malaysia. Secara klinis mereka dalam kondisi sehat alias orang tanpa gejala. Mereka saat ini menjalani isolasi di tempat yang sama.

"Saat ini sedang menjalani isolasi di Licin juga tapi di areal yang terpisah," tegasnya.

Dua orang tersebut satu diantaranya baru terdeteksi positif COVID-19 hari ini. Sedangkan yang satunya sudah terdeteksi sejak tiga hari yang lalu. Keduanya akan menjalani isolasi selama 10 hari

"Isolasi 10 hari ini terhitung dari pelaksanaan swab PCR," ujarnya.

Data dari Satgas COVID-19 Banyuwangi, PMI yang datang dari perantauan terus bertambah. Saat ini jumlahnya sudah mencapai 191 orang. Dari jumlah itu 2 di antaranya dinyatakan positif COVID-19.

"161 sudah pulang yang masih tinggal di sana 30 orang," ujar pria yang juga Juru Bicara Satgas COVID-19 Banyuwangi ini.

Pria yang akrab dipanggil Rio ini menambahkan setiap harinya selalu ada PMI asal Banyuwangi yang pulang dari Perantauan. Namun dia mengaku tidak memiliki data atau jumlah pastinya.

"Masih akan datang terus. Tiap hari ada yang datang ada yang pulang," tandasnya.

(iwd/iwd)