Ini Harga Surat Bebas COVID-19 Palsu yang Dijual ke Pemudik di Jatim

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 20:08 WIB
Komplotan pembuat surat bebas COVID-19 palsu yang dijual ke pemudik di Jatim sudah diringkus polisi. Lalu berapa harga per lembar surat tersebut?
Jumpa pers Polda Jatim/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya -

Komplotan pembuat surat bebas COVID-19 palsu yang dijual ke pemudik di Jatim sudah diringkus polisi. Lalu berapa harga per lembar surat tersebut?

Surat bebas COVID-19 yang dijual seperti surat hasil rapid antigen dan tes swab palsu. "Surat antigen ini dari si pembuat Rp 100 ribu. Dijual lagi Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu," kata Direskrimum Polda Jatim Kombes Totok Suharyanto, Selasa (11/5/2021).

"Sedangkan swab PCR dia belinya Rp 400 ribu. Jualnya Rp 650 ribu hingga Rp 750 ribu," imbuh Totok.

Menurut Totok, para tersangka memasarkan surat bebas COVID-19 palsu bukan secara online tapi secara langsung. Ada tiga tersangka yang berperan sebagai marketing. Salah satunya mantan karyawan rumah sakit.

"Satu tersangka ini merupakan mantan karyawan dari RS Sheila Medika. Sehingga pemesan ini yakin dengan hasil surat tersebut," jelasnya.

Terbongkarnya komplotan ini, lanjut Totok, berawal dari laporan masyarakat. Polisi kemudian menyelidiki dan membongkar, serta menangkap komplotan di Sedati, Sidoarjo.

"Kami mendapat informasi terkait adanya praktik penjualan surat keterangan hasil rapid test COVID-19 ilegal. Selanjutnya anggota mencoba memesan kepada tersangka dengan harga Rp 200 ribu," tuturnya.

"Dan benar. Selanjutnya anggota langsung mengamankan beserta barang buktinya," imbuh Totok.

Ada lima tersangka yang diamankan. Mereka yakni Nasiful Huda (33) warga Malang dan Aldi (27) warga Surabaya. Sedangkan tiga lainnya yakni Subur Gunawan (36), M Zulfi Adha (22) dan Ibrahim Bajuri (51). Semuanya merupakan warga Sidoarjo.

Mereka memiliki peran masing-masing. Ada yang membuat surat palsu, ada yang sebagai marketing.

(sun/bdh)