BRI Ramadan Update

Perjuangan Sunarto 4 Tahun Hafal Al Qur'an hingga Terpilih Jadi Imam Masjid UEA

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 05:43 WIB
Sunarto, Hafiz Asal Jombang Juga Terpilih Jadi Imam Masjid di UEA
Foto: Istimewa (Dok Pribadi)
Jombang -

Hafal 30 juz Al Qur'an jadi salah satu modal Sunarto (31) hingga terpilih imam masjid di Uni Emirat Arab (UEA). Ia menghabiskan waktu 4 tahun di pesantren untuk menghafal semua ayat di kitab suci umat Islam tersebut.

Kecintaan Sunarto terhadap ilmu Agama Islam tertanam sejak kecil. Kedua orang tuanya, Sukirno (64) dan Widarsi (56) selalu membimbingnya beribadah. Menginjak kelas 2 SD, almarhum pamannya, Imron mengajarinya membaca Alquran.

Tak pelak saat tamat sekolah dasar, pria kelahiran Pemalang 16 November 1989 ini mempunyai niat kuat untuk belajar di pesantren. Kala itu, almarhum Imron mengarahkan untuk belajar di Madrasatul Quran (MQ) Tebuireng, Kecamatan Diwek, Jombang.

"Keinginan saya setelah lulus SD bisa belajar hidup mandiri dan belajar ilmu agama. Saat itu belum ada bayangan menghafal Al Qur'an. Begitu masuk ke MQ Tebuireng, ternyata semuanya menghafal Al Qur'an," kata Sunarto kepada detikcom, Selasa (11/5/2021).

Di situlah ia mengenyam pendidikan formal jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) sekaligus menghafal Alquran. Bapak anak satu ini menghabiskan 4 tahun di pesantren untuk menghafal 30 juz dan 114 surat kitab suci umat muslim.

"Menghafal mulai kelas satu tsanawiyah sampai kelas satu aliyah saya hafal dan diwisuda. Melancarkan hafalan sampai kelas tiga aliyah," terang pria asal Dusun Kedaton, Desa Bulurejo, Diwek, Jombang ini.

Menghafal lebih dari 6.200 ayat Alquran tentu saja bukan perkara mudah. Menurut Sunarto, dirinya bisa menghafal semua wahyu Allah SWT itu dalam 4 tahun karena memulainya sejak usia remaja. Menghafal saat usia dewasa akan lebih sulit lagi.

Selanjutnya
Halaman
1 2