BRI Ramadan Update

Perjuangan Sunarto 4 Tahun Hafal Al Qur'an hingga Terpilih Jadi Imam Masjid UEA

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 05:43 WIB
Sunarto, Hafiz Asal Jombang Juga Terpilih Jadi Imam Masjid di UEA
Foto: Istimewa (Dok Pribadi)

Ia juga menggunakan metode khusus untuk penghafal Al Qur'an. Salah satunya dengan memulai hafalan dari juz 30, 29 dan 28 yang ayat-ayatnya relatif pendek. Setelah 3 juz itu dia kuasai, barulah ia melanjutkan hafalan juz 1 hingga 27.

"Ada beberapa surat yang susah dihafal, seperti Surat As Saffat. Karena ayatnya pendek-pendek, lebih susah memvisualkan tata letak ayatnya. Kalau ayatnya panjang tata letaknya mudah tervisualkan ketika menghafal," cetusnya.

Kini, memelihara hafalan Al Qur'an menjadi tantangan Sunarto. Suami Ittaqi Tafuzi (29) ini mempunyai beberapa metode agar tak satu pun ayat kitab suci luntur dari ingatannya.

Salah satunya dengan rajin mengikuti lomba musabaqah tilawatil Quran (MTQ) dan musabaqah hifzil Quran (MHQ). Oleh sebab itu, sejumlah prestasi tingkat provinsi hingga nasional ia raih sejak 2006 sampai 2011.

"Juga saya pakai untuk salat. Momen Ramadan ini tepat untuk memakai hafalan Al Qur'an saat salat tarawih. Tujuannya memasukkan hafalan ke alam bawah sadar. Contohnya Surat Alfatihah yang tak bisa kita lupakan karena selalu dibaca saat salat," jelasnya.

Hafal Alquran menjadi salah satu modal Sunarto mengikuti seleksi imam masjid di UEA. Guru madrasah aliyah dan dan instruktur tahfiz di MQ Tebuireng ini menjadi 1 dari 27 hafiz asal Indonesia yang akan dikirim ke negara kaya minyak tersebut Juni nanti.

Sunarto bakal ditugaskan menjadi imam salat lima waktu, serta khatib dan imam salat Jumat setidaknya selama 3 tahun di UEA. Dia berencana membawa serta anak dan istrinya ke negara kaya minyak tersebut. Karena pemerintah UEA sudah menyiapkan tempat tinggal, layanan kesehatan dan pendidikan untuk putrinya.

Hanya saja, hingga kini Sunarto belum mengetahui tanggal keberangkatannya ke UEA. Begitu juga dengan masjid tempatnya bertugas nanti. Karena terdapat 7 negara bagian di UEA. Yakni Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Qaiwain.

Halaman

(fat/fat)