Wow! Bisnis Kue Cucur di Ponorogo Ini Begitu Manis, Omzet Sebulan Rp 30 Juta

Charoline Pebrianti - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 09:59 WIB
kue cucur
May dan kue cucur nya (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo -

Tangan cekatan Mayanika Sari Putri (35) menggoreng adonan kue cucur. Mulai dari menuangkan adonan ke wajan kecil hingga matang sempurna. Kemudian ditiriskan dan siap disajikan.

"Bahannya ada tepung terigu, tepung beras, sari pandan, gula merah dicampur sama gula aren," tutur Maya kepada detikcom, Sabtu (8/5/2021).

Ibu dua anak ini pun tak pelit membagikan resep. Pertama, gula direbus ditunggu sampai dingin. Kemudian campur dengan tepung beras dan tepung terigu. Tunggu adonan selama 30 menit selanjutnya digoreng.

Pantauan detikcom, proses penggorengan dilakukan Maya dengan menggunakan wajan kecil di atas kompor. Dengan telaten, Maya mengambil adonan dengan cetakan dan digoreng. Setelah matang ditiriskan sebentar. Kemudian didinginkan.

"Ada 5 karyawan yang membantu saya," tukas Maya.

kue cucurKue cucur (Foto: Charoline Pebrianti)

Dalam sehari, paling sepi biasanya Maya membuat 300 keping kue cucur. Namun seringnya dia membuat 2.000 hingga 3.000 keping kue cucur. Selama Ramadhan ini, penjualannya pun mengalami kenaikan.

"Biasanya buat takjil, puluran (buat disumbang ke masjid), jadi banyak pesanannya," papar Maya.

Tak hanya disajikan biasa, Maya pun menambahkan topping berbagai macam. Mulai dari cokelat, greentea, dan keju. Ternyata semakin menambah nikmat kudapan satu ini.

"Yang paling disenangi itu yang topping cokelat," jelas Maya.

Siapa sangka, usaha yang Maya geluti sejak 2017 lalu tersebut membuatnya meraih kesuksesan. Dalam sebulan omzetnya mencapai Rp 25-30 juta. Wow!

"Saya kan punya usaha getuk krispi, biar ada temannya yang sama-sama jajanan jadul makanya saya pilih cucur," ujar Maya.

Ada dua jenis kue cucur buatan Maya, ada rasa pandan dan gula merah. Biasanya pemesanan melalui instagram cucurceria9 atau datang ke Jalan Pramuka nomor 27.

Satu porsi biasanya isi 10 rasa original dihargai Rp 15 ribu. Sedangkan dengan topping dibanderol Rp 20 ribu. Tapi Maya juga melayani isi per pak sesuai permintaan pelanggan.

"Hari biasa buka pukul 10.00-19.00 WIB, kalau Ramadhan pukul 15.00-18.00 WIB," imbuh Maya.

Menurut Maya, penjualan kue cucur nya terbantu dengan online. Selain dari IG, dia juga tergabung dalam ojek online. Banyak pelanggannya yang memesan via online.

"Kalau mengandalkan jualan di toko kurang laku, banyak yang online sekarang," pungkas Maya.

Lihat juga Video: Pentingnya Inovasi Dalam Bisnis

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)