Keluh Kesah Pedagang di Blitar soal Pembeli Bubar Gegara Penertiban Prokes

Erliana Riady - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 11:58 WIB
Satgas COVID-19 Kota Blitar merasa kewalahan menertibkan pembeli yang berjubel di pusat perbelanjaan menjelang Lebaran. Beragam penolakan kedatangan tim satgas, menimbulkan pro kontra penerapan protokol kesehatan.
Penertiban Prokes di Blitar/Foto: Erliana Riady/detikcom

Plt Kepala Satpol PP Kota Blitar, Hadi Maskun menangkap kegelisahan ini. Sehingga tiap memantau ke lokasi, dia selalu mengkomunikasikan pesan prokes itu demi keselamatan dan kemanusiaan.

"Kami paham kesulitan pelaku usaha dampak pandemi ini. Kami datang sama sekali bukan untuk mematikan usaha mereka. Namun semata-mata demi kemanusiaan dan keselamatan bersama. Karena COVID-19 ini masalah serius bangsa," terang Hadi.

Hadi mengaku, jika mereka mau tegak lurus menertibkan aturan prokes COVID-19, maka semua yang ada di dalam toko bisa disanksi tegas. Namun bagi petugas, mengedepankan upaya persuasif dan humanis diharap bisa meminimalisir masalah sosial baru di masyarakat.

"Ayo Lur, kami butuh kesadaran bersama untuk memutus rantai penularan Corona. Serius, ini masalah nyawa yang tidak bisa kita sepelekan. Tidak bisa kita anggap remeh. Sekali lagi, ini demi kemanusiaan dan keselamatan kita bersama," pungkasnya.

Halaman

(sun/bdh)