Gus Ipul Ajak Milenial Jadi Petugas Pemulasaran Jenazah

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 21:15 WIB
gus ipul
Gus Ipul saat bertemu dengan para modin (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengajak generasi milenial untuk menjadi petugas pemulasaraan jenazah atau modin. Menurut Gus Ipu, mengurus jenazah adalah kewajiban dan pekerjaan sangat mulia dari sudut pandang agama.

"Saya ingin mengajak anak-anak muda atau generasi milenial untuk mau mengurus jenazah," kata Gus Ipul saat menemui ratusan modin di Gedung Gradika, Rumah Dinas Wali Kota, Kamis (6/5/2021).

Gus Ipul menjelaskan, anak-anak muda harus terlibat menjadi petugas pemulasaraan jenazah. Sehingga tak hanya orang tua yang mengurus jenazah.

"Saya minta modin yang di sini, 300 orang mengajak minimal satu anak muda untuk jadi modin, sanggup apa tidak," tanya Gus Ipul.

"Sanggup," jawab ratusan modin yang hadir dalam acara pembinaan petugas pemulasaraan jenazah atau modin di Kota Pasuruan ini.

Gus Ipul ingin mengubah persepsi jika anak muda juga bisa mengurus jenazah. Nantinya, anak-anak muda akan mendapatkan pendidikan, pemahaman, dan pengertian tentang tata cara menjadi petugas pemulasaraan jenazah lebih dulu.

"Setelah itu, nanti Pemkot Pasuruan akan mencoba meningkatkan insentif para modin di Kota Pasuruan ini. Nanti kita lihat dulu kekuatan APBD-nya," lanjutnya.

Sekadar diketahui, selama ini, modin atau petugas pemulasaraan jenazah mendapatkan insentif Rp 150.000/bulan. Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode ini berencana akan menyesuaikan insentif para modin ini di tahun 2022.

(iwd/iwd)