35 TKI Mudik ke Jatim Positif COVID-19, Mayoritas Perjalanan dari Malaysia

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 19:56 WIB
kedatangan PMI yang positif di RS Darurat
Kedatangan TKI di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

4.092 Pekerja Migran Indonesia (PMI)/TKI mudik ke Jawa Timur sejak 27 April 2021. Dari jumlah tersebut, 35 di antaranya positif COVID-19 saat diswab di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

"Hingga hari ini, Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) merawat 35 PMI. Terdiri dari 18 laki-laki, 17 perempuan," ujar Laksamana Pertama dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara selaku penanggung jawab Rumah Sakit Lapangan Indrapura saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (5/5/2021).

Dari data RSLI, riwayat perjalanan 35 TKI yang dinyatakan positif COVID-19 berasal dari beberapa negara Asia serta Eropa. Di antaranya 28 dari Malaysia, 3 dari Brunei Darusalam, 1 dari Singapura, 1 dari Hong Kong, dan 2 dari Belanda.

Nalendra menjelaskan, 35 TKI tersebut dirawat di RSLI dengan gejala ringan. Bahkan, mayoritas tidak bergejala. "Mereka diswab di Asrama Haji saat proses karantina. Kalau dinyatakan positif, akan dirawat di RSLI," imbuhnya.

Sebelumnya, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyatakan, untuk mengantisipasi varian Corona baru dari PMI yang baru pulang ke Jatim, pihaknya memisahkan sample PMI yang angka CT-nya di bawah 25 dengan PMI angka CT-nya di atas 25.

"Yang kita ingin lakukan, di bawah 25 CTnya dilakukan sequencing. Ada yang di ITD Unair dan Litbangkes Jakarta. Alasan disequencing karena langkah antisipatif mitigasi kemungkinan ada varian baru. Yang di atas 25 CT-nya maka tidak dilakukan sequencing. Ini yang ingin kita pastikan bahwa, para PMI mereka pulang dalam keadaan sehat, keluarganya sehat," ungkapnya.

(fat/fat)