45 Titik Tol di Jatim Akan Disekat Saat Larangan Mudik

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 12:29 WIB
Berbagai cara dilakukan Polres Ngawi untuk menghalau pemudik. Termasuk soal modus baru pemudik yang turun di overpass tol.
Penyekatan pemudik di tol Ngawi tahun lalu (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Pemerintah melarang mudik lebaran dan membatasi transportasi pada 6 hingga 17 Mei 2021. Ada 45 titik penyekatan di tol di Jatim. Di ruas tol Surabaya-Gempol ada tujuh exit tol yang akan disekat.

"Informasi terakhir yang kami terima dari teman-teman Polda Jatim, ada tujuh titik penyekatan antarprovinsi, kemudian ada 20 titik penyekatan antarrayon, dan ketiga ada 45 titik penyekatan di exit tol, dari 45 titik ini, untuk tol Surabaya-Gempol ada tujuh gerbang yang dioperasikan Surabaya-Gempol yang aksesnya dilakukan penyekatan," papar General Manager Jasamarga Transjawa Tollroad Representative Office 3 Ruas Surabaya-Gempol Hendri Taufik saat dihubungi detikcom di Surabaya, Senin (3/5/2021).

Hendri memaparkan pengendara yang masuk kriteria pemudik akan langsung diputarbalikkan.

"Untuk teknisnya kita memang belum dapat yang secara resmi atau fix. Hanya gambarannya seperti PSBB tahun lalu, yang kita tangkap seperti itu. Pemakai jalan nanti akan dilakukan penyekatan dengan beberapa kriteria tertentu. Apa bila kriterianya masuk pemudik, akan dikembalikan dan diputarbalikkan kembali ke exit tol," papar Hendri.

"Jadi saat keluar, ada pemakai jalan yang masuk kategori mudik, langsung diputarbalik masuk kembali ke tol," imbuhnya.

Tak hanya itu, Hendri mengatakan pihak Dishub dan kepolisian juga telah melakukan sejumlah persiapan di lokasi yang nantinya akan disekat. Persiapan ini dengan menerjunkan sejumlah properti penunjang penyekatan.

"Sementara kami monitor, ini yang melaksanakan program ini dari teman-teman Dinas Perhubungan, Kepolisian, dan pemerintah daerah setempat. Yang kami pantau sudah ada beberapa persiapan. Beberapa properti untuk menunjang fasilitas penyekatan sudah mulai ditempatkan di lokasi exit. Jadi baru persiapan kelengkapannya," ungkap Hendri.

Di kesempatan yang sama, Hendri mengimbau masyarakat patuh pada larangan mudik dari pemerintah, jika tak ingin diputarbalikkan.

"Karena pemerintah sudah secara resmi melarang kegiatan mudik 2021 ini, kami mengimbau masyarakat untuk mengikuti keputusan dari pemerintah," pesan Hendri.

Berikut data tujuh exit tol di Surabaya-Gempol yang akan disekat :

1. Exit Dupak
2. Exit Banyu Urip
3. Exit Satelit
4. Exit Gunung Sari 1
5. Exit Gunung Sari 2
6. Exit Sidoarjo 1
7. Exit Gempol

(hil/iwd)