Warga Mojokerto Kembali Temukan Makam Janin Misterius di Makam Islam

Enggran Eko Budianto - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 14:39 WIB
lokasi penemuan janin di Makam Islam Tuwiri
Lokasi penemuan janin di Makam Islam Tuwiri (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)

Saat ini, tempat penemuan makam janin telah dipasangi garis polisi. Kapolsek Mojosari Kompol Heru Purwandi menuturkan, janin tersebut dikubur hanya dengan dibungkus dua lapis kantong plastik warna putih dan hitam.

"Kondisi janin sudah lengkap bagian tubuhnya dari kepala sampai kaki. Jenis kelaminnya saya tidak mengecek," ungkapnya.

Hingga pukul 14.00 WIB, polisi belum mengautopsi janin tersebut. Janin masih berada di dalam makam yang ditemukan warga. Sehingga belum jelas janin tersebut korban aborsi atau ada kemungkinan lainnya.

Menurut Heru, pihaknya masih fokus menyelidiki sekelompok pemuda mencurigakan yang dilihat warga. Namun, Heru menyebut jumlah pemuda yang mencurigakan hanya 3 orang. Mereka dicurigai sebagai pengubur janin tersebut.

"Masih kami selidiki. Karena kami menerima laporan pada jam 9 malam ada 3 orang mencurigakan di dalam makam," tandasnya.

Kasus serupa pernah terjadi di Makam Islam Dusun Sugihwaras, Desa Sampangagung, Kecamatan Kutorejo, Mojokerto pada Kamis (14/1/2021). Kuburan janin tersebut dilengkapi dengan batu nisan bertuliskan nama 'Fulan' dan tanggal kematian 10 Januari 2021.

Ternyata, janin tersebut korban aborsi. Polres Mojokerto berhasil meringkus ibu janin tersebut sekaligus membongkar sindikat perdagangan obat aborsi lintas provinsi.


(fat/fat)