Salut, Hafiz Asal Mojokerto Ini Terpilih Jadi Imam Masjid di Uni Emirat Arab

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 04:06 WIB
Rahmat Alfian Hidayat (27) Hafiz Asal Mojokerto Terpilih Jadi Imam Masjid di Uni Emirat Arab
Rahmat Alfian Hidaya, pengafal Al Qur'an/Foto: Istimewa (Dok Pribadi)
Mojokerto -

Bekerja di negara kaya tentu saja menyenangkan. Apalagi difasilitasi pemerintahnya. Itulah yang akan dinikmati Rahmat Alfian Hidayat (27), penghafal Al Qur'an (hafiz) asal Kabupaten Mojokerto.

Pemuda kelahiran 22 Juli 1994 ini akan dikirim ke Uni Emirat Arab (UEA) pada Juni 2021. Ya, Alfian merupakan 1 dari 27 hafiz asal Indonesia yang dipilih menjadi imam masjid di negara kaya minyak tersebut. Tentu saja melalui seleksi yang ketat.

Pemuda warga Jalan Pasar Sedati, Desa Sedati, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto ini menceritakan perjuangannya mengikuti seleksi imam masjid di UEA. Berawal dari pendaftaran via email ke Kementerian Agama (Kemenag) pada 20 Oktober 2020.

Menurut Alfian, saat itu terdapat 300 lebih hafiz yang mendaftar. Meski ada yang mendaftar dari Mesir dan Malaysia, tapi semuanya warga Indonesia.

"Awalnya saya tidak mau mendaftar, tapi dipaksa teman. Karena saat itu kuliah saya masih semester 7, belum lulus kuliah," kata mahasiswa semester akhir program studi Manajemen Dakwah di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (STIDKI) Ar Rahmah Surabaya ini kepada detikcom, Senin (3/5/2021).

Pendaftaran Alfian kala itu berjalan mulus. Penghafal Al Qur'an jebolan Ma'had Umar Bin Khattab Surabaya dan Pondok Pesantren Ibnu Ali Sidoarjo ini menjadi satu dari 205 pendaftar yang lolos seleksi dokumen di Kemenag.

Selanjutnya, Alfian bersama 204 hafiz lainnya menjalani dua kali tes di Hotel Golden Boutique, Kemayoran, Jakarta Pusat. Ujian tahap pertama melibatkan juri yang ditunjuk Kemenag pada 2-4 Desember 2020. Hasilnya, hanya 90 hafiz yang lolos untuk melaju ke tes kedua.

"Dari 205 orang diambil 90 orang. Sebenarnya 100 orang yang diambil, tapi yang hadir 90 orang," terangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2