Sandiwara Pasangan Bukan Suami Istri di Tulungagung Saat Terjaring Razia

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 13:52 WIB
Satpol PP Tulungagung menggelar razia tempat kos. Seorang penghuni kos mengaku tidak tahu kapan pasangannya masuk ke dalam kamar.
Satpol PP Tulungagung menggelar razia tempat kos/Foto: Istimewa

"Total ada delapan rumah kos yang kami lakukan razia di Bulan Ramadhan ini. Ada tiga pasangan bukan suami istri, sekarang berada di kantor untuk kami lakukan pembinaan," kata Artista.

Terkait pasangan di luar nikah itu, ada beberapa tahap pembinaan yang akan dilakukan. Jika pasangan masih anak-anak, pihaknya akan memanggilkan kedua orang tuanya untuk datang ke Satpol PP.

"Kemudian jika sudah menikah maka akan kami panggilkan pasangannya. Sedangkan yang menunjukkan surat nikah siri, (surat) itu kan secara Undang-Undang tidak benar," imbuhnya.

Pihaknya akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mengklarifikasi dengan pihak keluarganya terkait status pernikahannya. Di sisi lain, Satpol PP juga memanggil pemilik rumah kos, karena menyangkut SOP yang dijalankan di tempat usahanya.

"Akan kami lihat bagaimana SOP-nya, sehingga pasangan bukan suami istri bisa di dalam kamar," jelasnya.

Razia tersebut sebagai salah satu bentuk antisipasi dan pengawasan terhadap jasa usaha rumah kos. Sehingga tidak disalahgunakan sebagai tempat prostitusi terselubung.


(sun/bdh)