KH Agus Sunyoto Meninggal, PWNU Kehilangan Sosok Sejarawan Terbaik

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 11:58 WIB
K. Ng. H. Agus Sunyoto, Pengasuh Pesantren Global Tarbiyatul Arifin, Malang, Jawa Timur, dan Ketua Lesbumi PBNU meninggal dunia
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Ketua Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) PBNU KH Agus Sunyoto meninggal dunia hari ini. PWNU Jatim berduka dan merasa kehilangan sosok sejarawan terbaik.

Sekretaris PWNU Jatim Akhmad Muzakki mengatakan sosok Kiai Agus merupakan kiai yang mendedikasikan hidupnya untuk sejarah Indonesia.

"PWNU berduka atas wafatnya KH Agus Sunyoto. Beliau orang yg sangat setia dengan ilmunya. Mendedikasikan hidupnya untuk sejarah Indonesia, termasuk sejarah Islam di negeri ini," kata Akhmad Muzakki kepada detikcom di Surabaya, Selasa (27/4/2021).

"Beliau ini ensiklopedi sejarah berjalan. Kita kehilangan ahli sejarah (KH Agus Sunyoto) yang tidak saja menguasai materi secara kronologis, tapi mampu memberi makna untuk generasi terkini," imbuhnya.

Sementara Ketua NU Care-LAZISNU Jatim, A Afif Amrullah mengatakan dirinya mengenal Kiai Agus Sunyoto melalui karya-karya tulisnya yang luar biasa. Afif sempat mengikuti seminar yang narasumbernya Kiai Agus.

"Di sana saya sempat berdiaolog cukup dekat dalam sesi wawancara. Tak berlebihan kalau saya menyebut beliau sebagai penyelamat sejarah Nusantara," kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jatim ini.

Lihat juga Video: Detik-detik Ulama di Makassar Jatuh Saat Isi Ceramah di Masjid

[Gambas:Video 20detik]




Selanjutnya
Halaman
1 2