Motif Suami Bunuh Istri di Surabaya, Sakit Hati Hingga Diselingkuhi

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 18:27 WIB
pembunuhan di surabaya
Suami yang membunuh istri di Surabaya (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Seorang istri yang mayatnya ditemukan terbungkus kasur di Surabaya dibunuh oleh suaminya sendiri. Apa motif di balik pembunuhan tersebut?

Korban adalah Putri Ima Camelia Sandy (26). Sementara pelaku adalah Joni Pranoto Kasum (27). Mereka merupakan warga Gayungan, Jambangan, Surabaya.

"Motifnya jengkel, kesal yang sudah bertumpuk-tumpuk," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Oki Ahadian saat rilis, Jumat (23/4/2021).

Oki mengatakan korban oleh pelaku dianggap mendominasi rumah tangga mereka. Karena penghasilan korban tetap, sementara pelaku bekerja serabutan. Sebelum pembunuhan terjadi, mereka sempat cekcok.

Cekcok dipicu karena korban enggan bergantian menjaga anak mereka. Saat menolak itu, korban juga mengeluarkan kata-kata kasar yang membuat pelaku emosi.

"Karena istrinya ini penghasilan tetap, sehingga melebihi suaminya. Nah suaminya serabutan. Akhirnya istrinya menyuruh. Saat cekcok korban berkata 'lek gak gelem ngomongo, ngaliyo kono' (kalau nggak mau pergi sana) seperti itu. Itu membuat pelaku emosi," kata Oki.

Selain itu, pelaku juga sakit hati karena korban pernah berselingkuh.

Pelaku membunuh istrinya dengan membekap dan mencekik korban hingga tewas. Oki menyebut pembunuhan dilakukan pelaku pada Senin (19/4). Pelaku kemudian membuang tubuh istrinya pada Rabu (21/4). Mayat korban sendiri ditemukan pada Kamis (22/4).

Dalam kasus ini polisi mengamankan sejumlah barang bukti seperti bantal, dua handphone, sarung bantal, 5 pil koplo, dan motor gerobak yang dijadikan sarana pelaku membuang korban.

"Pasal yang disangkakan yaitu pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara," pungkas Oki.

(iwd/iwd)