Pedagang di Surabaya Kini Bisa Belanja Online ke Pasar Induk

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 23 Apr 2021 12:54 WIB
Pemkot Surabaya mempermudah pedagang di pasar tradisional dalam berbelanja ke pasar induk. Yakni dengan menerapkan sistem online.
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Pemkot Surabaya mempermudah pedagang di pasar tradisional dalam berbelanja ke pasar induk. Yakni dengan menerapkan sistem belanja online.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, kebutuhan seluruh pasar tradisional maupun pasar eceran bisa ditampung melalui pasar induk. Jadi pasar tradisional akan membeli secara online dan barangnya akan dikirim oleh pasar induk ke pasar tradisional.

"Sehingga pasar tradisional tidak perlu datang mengambil barangnya. Sehingga ada keuntungan, pertama efisiensi waktu, kedua efisiensi tenaga. Insyaallah semoga bisa berjalan," kata Eri di PIOS (Pasar Induk Osowilangun Surabaya), Jumat (23/4/2021).

Eri mengatakan, pasar induk memiliki peran penting. Yakni memastikan keamanan harga komoditi di pasaran.

"Jadi ini bisa support pasar tradisional. Jadi harga dengan pasar induk bisa terkontrol, naik atau turun. Pasar induk bisa kasih support," jelasnya.

Untuk stok bahan pokok makanan di Surabaya, Eri menyebut masih aman. "Insyaallah aman kalau stok," ujarnya.

Sementara Direktur Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas) Indonesia, Hartono mengatakan, jaringan luas pasar induk akan memberikan kemudahan bagi pasar tradisional. Seperti kemudahan akses distribusi barang ke pasar-pasar di sekitarnya.

"Kalau pasar induk banyak, berjaringan, stabil dan petani mudah. Fluktuasi harga bisa diperkecil. Di PIOS sendiri, dalam per harinya perputaran barang 300 ton. (Nominal) sekitar 1,5 M," kata Hartono.

Terkait sistem online yang digunakan oleh Pemkot Surabaya, pihaknya sangat mendukung. Nantinya akan memberikan kemudahan bagi pedagang yang ada di pasar tradisional.

"Kami memberi informasi dan kemudahan terhadap pedagang," pungkasnya.

Lihat juga video 'Pemda DIY Minta Pasar Sore Ramadhan Kedepankan Prokes!':

[Gambas:Video 20detik]



(/bdh)