Urban Legend 2021

Versi Arkeolog: Situs Siti Inggil Bukan Makam Pendiri Majapahit, Tapi Mandapa

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 09:04 WIB
Situs Siti Inggil Jadi Destinasi Ritual Gegara Diyakini Makam Pendiri Majapahit
Situs Siti Inggil (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto -

Situs Siti Inggil di Kabupaten Mojokerto ternyata bukan makam pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Majapahit, Raden Wijaya. Struktur bata kuno yang ditemukan di situs ini hanyalah mandapa atau bangunan batur.

Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, situs purbakala di Siti Inggil ditemukan jauh sebelum Indonesia merdeka. Karena situs di Dusun Kedungwulan, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan masuk data Belanda tahun 1816 silam.

Situs purbakala yang ditemukan di Siti Inggil hanya berupa struktur dari bata merah kuno dengan luas sekitar 15x15 meter persegi dan tinggi lebih dari 1 meter. Menurut Wicaksono, struktur tersebut merupakan bangunan batur peninggalan zaman Majapahit.

"Pada masa lalu, batur atau mandapa digunakan sebagai fondasi bangunan dengan tiang kayu dan atap dari ijuk atau genting," kata Wicaksono saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (20/4/2021).

Hingga kini, lanjut Wicaksono, belum bisa dipastikan tahun pembangunan mandapa tersebut. Begitu pula bentuk bangunan yang berdiri di atasnya pada masa Raja Majapahit.

Bangunan yang saat ini berdiri di atas struktur mandapa merupakan bangunan baru. Mulai dari tangga, dinding keliling hingga 5 makam di dalamnya. Yakni makam Raden Wijaya, Garwo Padmi Ghayatri, Garwo Selir Dhoro Pethak, Garwo Selir Dhoro Jinggo, serta Abdi Kinarsih Kaki Regel.

Tonton juga Video: 3 Kerangka Manusia Ditemukan di Situs Kumitir Mojokerto

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2