Uji Klinis Vaksin Merah Putih Akan Dilakukan di Dua Rumah Sakit Surabaya

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 18:50 WIB
Tim peneliti vaksin merah putih, rektor unair, Direktur Pendidikan Profesi dan Penelitian RSU dr Soetomo Surabaya dan Direktur Utama RS Unair
Tim Peneliti Vaksin Merah Putih Unair (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Uji klinis Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (Unair) nantinya akan dilakukan di dua Rumah Sakit (RS) Surabaya. Yakni berkolaborasi dengan RS Universitas Airlangga (Unair) dan RSU dr Soetomo Surabaya.

Saat ini tim peneliti masih melakukan uji preklinik hewan besar makaka. Setelah selesai, tahap selanjutnya pelaksanaan uji klinis pada manusia, sebelum diproduksi massal.

Direktur Pendidikan Profesi dan Penelitian RSU dr Soetomo Surabaya, Prof Dr dr Cita Rosita Sigit Prakoeswa SpKK (K) FINSDV mengatakan, pihaknya siap melakukan uji klinis nantinya. Uji klinis dimulai setelah uji preklinik vaksin COVID-19 memiliki hasil analisa.

"Sekarang kita sedang menunggu pada hewan kecil kemudian pada hewan besar," kata Prof Cita kepada wartawan di Gedung Rektorat Unair C, Senin (19/4/2021).

Pada uji klinis, RSU dr Soetomo memerlukan beberapa tim yang melaksanakan tahap-tahap lain. Yakni tim pelaksana penelitian, metode penelitian, produksi vaksin dan partisipan dari uji klinis.

"Kami sedang menyiapkan protokol uji klinis dan sudah mulai diskusi terkait metode penelitian, dan partisipan dari uji klinis. Tapi tentu saja semua proses ini akan dimulai saat uji pra klinik sudah selesai dan hasilnya baik. Kami mohon doa semoga uji pra klinis sesuai harapan kita bisa melakukan uji klinis 1, 2 dan 3," jelasnya.

Sementara Direktur Utama RS Unair, Prof Dr dr Nasronudin SpPD K-PTI FINASIM mengharapkan vaksin Merah Putih ini ditunggu-tunggu dan segera diproduksi agar digunakan di masyarakat. Persiapan pun telah banyak dilakukan. Mulai dari hard ware (lokasi uji klinis), soft ware (kebijakan dan protokol), serta brain ware (Sumber daya manusia) untuk uji klinis sudah dipersiapkan.

"Mudah-mudahan semua proses dimudahkan Allah SWT dan semuanya berjalan lancar," pungkasnya.

Simak video 'Kapan Vaksin Merah Putih Bisa Diproduksi Secara Massal?':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)