Ada 27 Titik Penyekatan di Jatim, Jangan Mudik Bila Tak Ingin Diputar Balik

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 17:59 WIB
penyekatan
Foto: Tangkapan layar
Surabaya -

Kakorlantas Polri Irjen Istiono kini merekomendasikan masyarakat agar tidak mudik sebelum 6 Mei 2021. Sebelumnya, kebijakan Istiono banyak dikritik, soal memperbolehkan warga mudik sebelum 6 Mei.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan pihaknya akan mengikuti aturan dari Mabes Polri. Di Jatim, ada tujuh titik penyekatan perbatasan Jatim.

Selain itu, Gatot mengatakan Ditlantas Polda Jatim juga membagi wilayah dengan rayonisasi titik penyekatan. Gatot mengatakan rayonisasi ini untuk menghalau masyarakat yang hendak menyeberang ke rayon lain.

Sementara itu, Gatot juga menambahkan pihaknya akan menindak tegas petugas kepolisian yang membebaskan pemudik. Hal ini seperti pernyataan Kakorlantas.

"Kita akan menindaklanjuti kebijakan yang ada. Kalau ada aturannya seperti itu ya kita akan menindaklanjuti yang sudah dikeluarkan atasan," tegasnya.

Sebelumnya, Gatot mengatakan jika petugas menemui pemudik yang melewati jalur tikus, petugas akan langsung memutarbalikkan pengendara tersebut.

"Kalau ditemukan ada yang masih bobol, mereka nekat, kalau menemukan ada yang mencoba masuk akan diputarbalikkan," kata Gatot.

Jalur tikus ini, lanjut Gatot, tengah dipetakan oleh pihaknya sesuai rayonisasi. Namun, kebanyakan ada di perbatasan Jawa Tengah.

"(Perbatasan luar Jatim) kita kan hanya di beberapa tempat perbatasan Jawa Tengah, kalau yang di wilayah paling timur hanya di Ketapang, Banyuwangi. Kita jelas melakukan penyekatan jalur tol yang masuk ke Jatim, jalur tikus Ngawi, jalur Wonogiri-Pacitan terus ada juga yang masuk dari tempat lain akan dipetakan tim rayonasi itu," papar Gatot.

Di mana saja titik penyekatan di Jatim?

Selanjutnya
Halaman
1 2