Kronologi Kapal Nelayan Terbakar hingga Karam di Laut Jawa

Ainur Rofiq - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 15:33 WIB
Sebuah kapal nelayan terbakar hingga karam di Laut Jawa, Bangka Belitung pada Kamis (15/4). Kini, 16 nelayan sudah dievakuasi dari Kapal Master (MT) Queen Majesty.
Evakuasi 16 nelayan yang kapalnya terbakar, dari Kapal Master (MT) Queen Majesty/Foto: Ainur Rofiq
Tuban -

Sebuah kapal nelayan terbakar hingga karam di Laut Jawa, Bangka Belitung pada Kamis (15/4). Seperti apa kronologinya?

Kapal nelayan tersebut berlayar dari Muara Angke Jakarta sekitar 64 hari yang lalu. Rencananya mereka akan mencari ikan hingga 120 hari. Seperti yang disampaikan nakhoda kapal nelayan tersebut, Rasvadi.

Namun pelayaran mereka harus berakhir karena kapal terbakar hingga karam di Laut Jawa, Bangka Belitung. Rasvadi tidak tahu asal api penyebab kebakaran tersebut.

"Ada api membesar. Siang hari. Namanya trauma, gimana lagi, kapal sudah terbakar. Orang-orang lompat ke laut," kata Rasvadi kepada detikcom di Tuban, Jumat (16/4/2021).

Setelah beberapa jam terombang-ambing di laut, 16 nelayan tersebut akhirnya mendapat pertolongan dari Kapal Master (MT) Queen Majesty. Seperti yang disampaikan Nakhoda Kapal MT Queen Majesty, Kapten Muhammad Amin Rahman.

Menurutnya, saat itu pihaknya menyiapkan tim rescue sambil mendekat ke kapal terbakar. Belasan nelayan itu bertahan hidup dengan menggunakan 4 pelampung dan viber box yang digunakan bersama-sama.

"Kita turunkan rescue. Kita ambil jarak aman karena kami memuat premium yang cukup bahaya. ABK/nelayan sudah mengapung sekitar 2 jam. Tidak ada kapal yang lewat. Kita kebetulan arah ke Tuban. Kebakaran dari kamar mesin," kata Kapten Muhammad Amin.

"1,5 jam kita evakuasi 16 nelayan tersebut," imbuhnya.

Kini, 16 nelayan sudah dievakuasi dari MT Queen Majesty di Tuban. Evakuasi dilakukan tim gabungan dari Polair Tuban, Pertamina Tuban, Basarnas Surabaya dan Tb Transko.

Mereka akan menjalani tes GeNose dan pemeriksaan di klinik. Setelah itu akan dibantu pemulangan ke tempat asal masing-masing ABK/nelayan.

Lihat juga video 'Kapal Terbakar di Perairan Asahan, Belasan ABK Dievakuasi':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)