Banyuwangi Akan Gunakan GeNose untuk Syarat Transportasi

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 13:57 WIB
Banyuwangi Bakal Gunakan GeNose Untuk Syarat Transportasi
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Perhubungan mempersiapkan opsi penggunaan GeNose. Ini sebagai detektor COVID-19 di beberapa titik transportasi Banyuwangi. Ini dilakukan agar masyarakat yang akan bepergian ke luar Banyuwangi baik dengan transportasi laut maupun udara tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Plt Kadishub Banyuwangi, Dwi Yanto mengatakan pihaknya sudah menggelar rapat bersama dengan stakeholder di dunia transportasi mulai dari Bandara Banyuwangi, ASDP Ketapang, KKP Tanjungwangi dan Dinas Kesehatan. Sesuai dengan arahan dari Kementrian perhubungan terkait pengaturan perjalanan orang di dalam negeri. Terutama tentang alat deteksi COVID-19 selain rapid test antigen dan test PCR, yaitu test dengan alat GeNose.

"Provinsi Bali sudah siap, tinggal menunggu dari Pemkab Banyuwangi. Satgas COVID-19 Banyuwangi juga sudah siap mendukung. Tinggal bagaimana teknisnya nanti dipersiapkan,"kata Dwi Yanto kepada wartawan, Jumat (16/4/2021).

Untuk sementara, dari keterangan EGM Bandara Banyuwangi, penerapan GeNose di Bandara akan mulai dilakukan pada 1 Mei nanti. Hal itu sesuai dengan ketentuan dari Angkasa Pura 2. Sedangkan untuk pelabuhan ASDP Ketapang, masih menanti hasil rapat dengan Satgas COVID-19 Banyuwangi.

Sementara itu, Penyeberangan Ketapang - Gilimanuk juga bakal menggunakan GeNose untuk mendeteksi COVID-19. Pemberlakuan alat buatan dari UGM tersebut diperkirakan bisa dilakukan pada bulan Mei 2021.

Selanjutnya
Halaman
1 2