Warga Gunakan Alasan Kerja Mudik Lokal di Wilayah Aglomerasi, Ini Kata Satgas

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 13:10 WIB
Ilustrasi mudik
Foto: Istock
Surabaya -

Mudik lebaran 2021 pada 6-17 Mei resmi dilarang. Tapi ada sinyal jika mudik lokal diperbolehkan di wilayah aglomerasi atau kota atau kabupaten yang saling terhubung dalam kesatuan wilayah.

Sementara Dishub Jatim melarang mudik lokal di wilayah aglomerasi. Seperti Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto hingga Bangkalan. Tetapi, terdapat satu pengecualian aglomerasi, yakni untuk keperluan pekerjaan. Hal ini pun dijadikan alasan warga untuk pulang pergi (PP) tetap bisa bertemu keluarga saat lebaran.

Seperti warga Mojokerto yang bekerja di Surabaya bernama Sasa Putri (23). Saat mudik 2021 nanti, Sasa menyebut akan Pulang Pergi (PP). Sebab, dengan begitu dia tetap bisa bertemu keluarganya di rumah.

"Kan tahun kemarin nggak bisa pulang ke Mojokerto, tetap di Surabaya. Jadi ya puasa sampai lebaran nanti saya PP biar bisa puasa dan lebaran di rumah," kata Sasa kepada detikcom, Rabu (14/4/2021).

Saat PP, Sasa tidak menggunakan transportasi umum. Melainkan menggunakan kendaraan pribadi dan tidak membawa banyak barang. Ini bertujuan agar tidak seperti pemudik pada umumnya.

"Naik motor aja, enak ga bawa barang banyak juga. Paling ya bawa jajan ditaruh kresek, bukan kardus," ujarnya.

Simak Video: Soal Kriteria Pengecualian Pembatasan Mudik, Ini Jawaban Kemenhub

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2