Melihat Kebiasaan Cuci Karpet di Sumber Umbulan Pasuruan Jelang Ramadhan

Muhajir Arifin - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 19:19 WIB
Melihat Kebiasaan Cuci Karpet di Sumber Umbulan Pasuruan Jelang Puasa
Cuci karpet (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan -

Setiap menjelang bulan suci Ramadhan, kolam Sumber Air Umbulan di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, ramai dikunjungi warga. Ratusan orang datang ke kolam yang dikenal memiliki air jernih itu untuk melakukan cuci karpet masjid dan musala.

Kebiasaan mencuci karpet masjid dan musala menjelang Ramadhan dilakukan selama bertahun-tahun. 'Ritual' cuci karpet mulai dilakukan sejak dua pekan hingga beberapa hari menjelang Ramadhan 2021.

Warga yang mencuci karpet berasal dari berbagai kecamatan baik di kabupaten maupun kota. Mereka datang rombongan dengan pikap, kendaraan roda tiga atau mobil pribadi sambil membawa beberapa karpet sekaligus.

Lokasi kolam yang luas dengan air yang mengalir jernih memudahkan proses tradisi mencuci karpet masjid dan musala. Warga tinggal merendam karpet berbagai ukuran kemudian digosok dengan sabun.

Setelah bersih warga karpet dijemur di lokasi. Setelah setengah kering, mereka membawa pulang untuk dijemur di tempat masing-masing.

"Kami setiap tahun cuci karpet di sini. Sebelum puasa. Kadang sebelum hari raya juga," kata Makhrus Ali, salah satu warga, Senin (12/4/2021).

Sementara banyaknya warga yang mencuci karpet masjid mendatangkan rezeki bagi pedagang di lokasi. Satimah, salah satu pedagang minuman dan makan ringan mengatakan pendapatannya terkatrol.

"Setiap mau puasa pasti ramai. Jadi jualan ikut ramai," ungkapnya.

(fat/fat)