1.000 Peserta Ikuti UTBK-SBMPTN Unair Hari Pertama

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 14:48 WIB
UTBK-SBMPTN Unair Diikuti 1.000 Peserta Per Hari
UTBK-SBMPTN di Unair (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN digelar serentak mulai hari ini, Senin (12/4/2021). Di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, tes digelar dengan berbagai kesiapan. Mulai dari protokol kesehatan hingga server.

"Alhamdulillah secara nasional di hari pertama pelaksanaan UTBK-SBMPTN belum ada kendala yang fatal. Beberapa kendala ringan disalah satu PTN yakni ada 6 server yang tidak aktif karena belum siap. Selain itu, ada beberapa tempat yang gardu PLN meledak. Namun, intinya, kendala yang ada jumlahnya tidak banyak secara nasional," kata Rektor Unair Prof Mohammad Nasih di Kampus C Unair Surabaya, Senin (12/4/2021).

UTBK hari pertama, protokol kesehatan disiapkan dengan baik. Mulai saat masuk ke lokasi, skrining awal, transit peserta, hingga masuk ke lokasi ujian. Sehingga potensi menghindari kerumunan sudah dilakukan dengan baik.

"Perihal potensi terjadinya kecurangan, semua sudah kami antisipasi dengan sangat ketat. Misalnya, soal yang baru bisa dibuka satu jam sebelum ujian berlangsung. Sehingga kemungkinan untuk bocor sangat kecil," ujarnya.

Nasih menegaskan jika ada informasi di medsos perihal bocoran jawaban ujian, dipastikan hoaks.

Selanjutnya
Halaman
1 2