Dampak Gempa, Listrik di Wilayah Malang Selatan Sempat Padam

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 16:56 WIB
gempa malang
Dampak gempa Malang (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Listrik di wilayah Malang Selatan Sempat Padam pascagempa bumi dengan kekuatan magnitudo (m) 6,1. Namun, PLN mengatakan pihaknya langsung melakukan perbaikan dan hingga kini listrik sudah normal.

Manager Komunikasi PLN UID Jatim Fenny Nurhayati mengatakan gempa bumi ini sempat menyebabkan gangguan pada Gardu Induk Turen sisi 20 kV dan 70 kV. Gempa berakibat padamnya sejumlah wilayah di Malang Selatan.

Fenny menyebut, beban padam tercatat sebesar 4,41 MW. Di mana meliputi wilayah Penyulang Bokor, Penyulang Pindad, Penyulang Tirtoyudho, dan Penyulang Ampel Gading. Listrik padam mulai pukul 14.00 hingga akhirnya nyala kembali pukul 15.14 WIB.

"Saat ini sudah kembali normal, hingga kini tim kami tengah melakukan investigasi penyebab gangguan di Gardu Induk Turen yang terjadi bersamaan dengan gempa Malang tersebut," kata Fenny di Surabaya, Sabtu (10/4/2021).

Fenny mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak panik saat listrik padam. Dia juga menyarankan masyarakat bisa melaporkan potensi bahaya yang mungkin terjadi.

"Kanal pengaduan kami bisa melalui contact center PLN 123 atau melalui PLN Mobile, kami berharap masyarakat agar kooperatif untuk aktif melaporkan potensi bahaya kelistrikan, terutama saat terjadi force majeure seperti ini," pungkas Fenny.

Lihat Video: Gempa M 6,7 Guncang Malang, Netizen Kirim Doa

[Gambas:Video 20detik]



(hil/fat)