Wali Kota Blitar Didenda Rp 5 Juta soal Video Viral Nyanyi Tanpa Masker

Erliana Riady - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 17:07 WIB
Wali Kota Blitar Santoso
Wali Kota Blitar Santoso (Foto: Erliana Riady/detikcom)

Selain dirinya, jelas dia, belasan relawan yang hadir di tasyakuran saat kemenangan di Pilbup Blitar juga mendapat sanksi. Mereka juga bernyanyi tanpa memakai masker.

"Juga ada 14 orang yang kena sanksi tipiring," tegasnya.

Sebelumnya, video viral beredar di kalangan warga Blitar. Dalam video dengan durasi 4.28 menit ini menggambarkan Wali Kota Santoso menyanyi di atas panggung tanpa memakai masker. Di belakangnya, tampak tiga biduanita juga tanpa memakai masker. Santoso yang berbaju batik terdengar menyanyikan sebuah lagu dangdut berjudul Kehilangan.

Santoso membenarkan dirinya ada dalam video itu. Video itu diambil saat syukuran pelantikan dirinya sebagai Wali Kota Blitar periode 2021-2024. Acara itu berlangsung di Gedung Balai Kota Kusumo Wicitro, Jumat (26/2).

Banyak pihak menanyakan sikap tegas Satgas COVID-19 akan dugaan pelanggaran prokes dalam video ini. Namun hari ini, jawaban konsistensi penerapan aturan prokes itu disampaikan sendiri oleh Wali Kota Blitar Santoso. Sebelumnya, Santoso juga menyampaikan permohonan maafnya kepada warga Kota Blitar dan berjanji akan mematuhi proses hukum jika terbukti melanggar protokoler kesehatan.


(fat/fat)