Peziarah Makam Bung Karno Naik 20 Persen di Long Weekend Ini

Erliana Riady - detikNews
Minggu, 04 Apr 2021 14:54 WIB
Di long weekend kali ini, jumlah pengunjung Makam Bung Karno meningkat 20 persen. Peziarah masih didominasi rombongan ziarah Wali Songo.
Pengunjung Makam Bung Karno/Foto: Erliana Riady/detikcom
Blitar -

Di long weekend kali ini, jumlah pengunjung Makam Bung Karno meningkat 20 persen. Peziarah masih didominasi rombongan ziarah Wali Songo.

Seperti tampak pagi tadi, rombongan dari Sidoarjo sudah sampai di area Makam Bung Karno sekitar pukul 09.30 WIB. Pengelola masih membatasi jumlah peziarah yang memasuki area cungkup, karena Kota Blitar masih zona oranye COVID-19.

Sehingga dari satu rombongan bus yang berisi rata-rata 50 orang, dibagi menjadi dua kelompok. Sambil menunggu giliran masuk cungkup Makam Bung Karno, peziarah bisa berkeliling dulu di sekitar sambil melihat-lihat koleksi lukisan dan benda bersejarah di Perpusnas BK.

Kabid Pengelola Kawasan Wisata Disparbud Kota Blitar, Heru Santoso mengatakan, tingkat kunjungan peziarah di libur panjang Paskah ini naik sampai 20 persen.

"Hari Minggu ini ada kenaikan sekitar 20 persen. Kalau biasanya tiap Minggu hanya 10 bus, hari ini sampai 15 bus," kata Heru kepada detikcom, Minggu (4/4/2021).

Menurut Heru, selama pandemi ini tingkat kunjungan peziarah pada Hari Minggu hanya sekitar 500 orang. Angka ini turun dari jumlah peziarah di kondisi sebelum pandemi yang bisa mencapai 2.500 orang per hari. Angka itu melonjak setiap akhir pekan yang bisa mencapai 5.000 orang.

Peziarah yang datang di libur panjang kali ini, imbuhnya, tidak ada yang berasal dari luar Pulau Jawa. Kemungkinan adanya pembatasan mobilitas warga selama pandemi, membuat peziarah dari luar Jawa mengurungkan niatnya dulu.

"Hanya rombongan ziarah Wali Songo dari beberapa daerah di Jawa. Yang luar Jawa praktis gak ada sejak pandemi," imbuhnya.

Beberapa mobil pribadi juga tampak terparkir di area area Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP), yang terletak 200 meter sisi selatan area Makam Bung Karno. Dilihat dari plat nomor polisinya, ada yang dari Jawa Tengah, Jawa Barat dan Surabaya.

"Iya ini mampir ziarah ke Makam Bung Karno. Kami mudik sebentar mumpung libur agak lama. Niatannya mau ziarah ke makam orang tua dan leluhur menjelang Ramadhan tahun ini," pungkas Binti, peziarah dari Surabaya.

Tonton juga Video: Makam Bung Karno Bendogirit Sono Wetan Blitar

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)