KRI Semarang Angkut 505 CPNS KemenPUPR Tiba di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 15:19 WIB
KRI Semarang Bawa 505 CPNS KemenPUPR ke Banyuwangi
KRI Semarang (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Situbondo -

Sebanyak 505 CPNS dari Kementerian PUPR tiba di Pelabuhan PT Pusri Banyuwangi. Mereka diangkut dengan KRI Semarang 594 dari Jakarta ke Banyuwangi. Ratusan CPNS itu akan mengikuti pelatihan bela negara di Puslatpur Marinir Karangtekok, Situbondo.

Kapal tiba di PT Pusri, Sabtu (3/4/2021). Ratusan CPNS tersebut kemudian diangkut menggunakan bus langsung ke Puslatpur Marinir.

"Di Banyuwangi KRI Semarang hanya bersandar. Mereka membawa ratusan CPNS untuk mengikuti pelatihan bela negara," kata Palaksa Lanal Banyuwangi Mayor Laut (T) Hari Handoko kepada wartawan.

KRI Semarang sendiri bertolak dari markasnya di Koarmada 1 Jakarta. Hari menjelaskan bahwa para CPNS yang dibawa juga mendapatkan materi selama di kapal. Mulai dari pelajaran pelayaran, navigasi sampai dinas militer di atas kapal.

"Ini gelombang kedua tahun ini. Yang pertama rutenya Jakarta-Lampung. Nanti tanggal 5 mereka kembali lagi ke Jakarta,"jelasnya.

Dia juga menambahkan, KRI Semarang tergolong sebagai kapal baru. Kapal tersebut diproduksi oleh pabrik asal dalam negeri yaitu PT PAL.

Selain 505 CPNS KemenPUPR, KRI Semarang juga membawa ratusan personel lainnya termasuk perwira kapal, tim kesehatan dan ABK Kapal yang terdiri dari prajurit angkatan laut.

"Kapal ini juga mengangkut perlengkapan medis seperti ambulan dan Helikopter Panther 4206," tandasnya.

Simak video 'Diminta Jokowi Bangun Pusat Budaya Jawa di Solo, Basuki Cek Lokasi':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)