Ini Barang yang Diamankan dari Rumah Terduga Teroris di Surabaya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 02 Apr 2021 13:59 WIB
Tim Densus 88 Antiteror menangkap seorang terduga teroris di Surabaya. Usai penangkapan, penggeledahan rumah yang bersangkutan pun dilakukan.
Rumah terduga teroris di Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom
Surabaya -

Tim Densus 88 Antiteror menangkap seorang terduga teroris di Surabaya. Dalam penggeledahan rumah yang bersangkutan, ada sejumlah barang yang diamankan.

Penggeledahan dilakukan Densus 88 dengan di-back up oleh Polrestabes Surabaya. Rumah terduga teroris berinisial S itu berada di di Simorejo Sari A, RT 04 RW 06, Kelurahan Simomulyo, Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya.

Ketua RT 04 Fauzi mengatakan, pihaknya bersama Ketua RW setempat diminta menyaksikan proses penggeledahan di rumah terduga teroris tersebut.

"Iya untuk (menyaksikan penggeledahan) barang bukti-bukti yang diminta untuk oleh Bapak Densus. (Yang ditemukan) buku-buku identitas, sama atribut, sama HP jadul. Atributnya kayak slayer hijau ada tulisan Arab," kata Fauzi kepada detikcom, Jumat (2/4/2021).

Fauzi menambahkan, banyak buku-buku yang dibawa oleh Densus 88. Namun dirinya tidak mengetahui persisnya buku-buku tersebut. Semua barang bukti dibawa oleh petugas dengan menggunakan kantong plastik.

"Lima kantong plastik, isinya macem-macem. Informasinya dibawa untuk dipelajari. Kalau misalkan kalau ada kaitannya diproses. Kalau tidak ya dikembalikan. Iya (informasinya) terduga (teroris)," lanjut Fauzi.

Fauzi juga menuturkan, di rumah tersebut terduga teroris tinggal bersama istri dan anaknya, serta ibu mertuanya. Saat penggeledahan berlangsung, sejumlah petugas berseragam polisi dan membawa senjata berjaga di depan gapura gang setempat.

"Iya berseragam polisi membawa senjata, banyak (petugas) ada mobil inafis juga," pungkas Fauzi.

(sun/bdh)