Didorong Maju Nyapres, Waketum Golkar Sebut Airlangga Hartarto Masih Bungkam

Faiq Azmi - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 19:03 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia
Waketum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengakui bahwa mayoritas pengurus meminta Airlangga Hartarto maju sebagai Capres di Pilpres 2024. Namun Doli masih menunggu kesediaan Airlangga.

"Pertama harus clear dulu, soal pencapresan Golkar itu sesungguhnya keputusan Munas ke-10 2019, bahwa Golkar 2024 harus punya calon (presiden) sendiri. Dalam perjalanannya, semua menginginkan kalau capres sendiri, Pak Airlangga yang jadi capres. Pak Airlangga belum jawab, beliau masih punya tanggung jawab (Menteri), masih fokus ketua penanganan COVID-19, urusi rakyat, agar ekonomi bangkit," ujar Doli di Hotel Singgasana Surabaya, usai Rapimda DPD Golkar Jatim, Kamis (1/4/2021).

Doli membenarkan bahwa dorongan kepada Airlangga untuk maju capres, berasal dari aspirasi kader Golkar di tingkat DPD, DPC, hingga tingkat rating.

Saat ini, lanjut Doli, Airlangga masih fokus sebagai Menteri Koordinator Perekonomian untuk memulihkan ekonomi di tengah pandemi COVID-19. Terkait pertemuan Airlangga dengan Ketum PPP, Doli membantah pertemuan itu membahas koalisi capres.

"Sejauh ini kita masih membangun silaturahim saja ke masyarakat, termasuk parpol. Belum sampai kepada bicara koalisi. Gini dari awal DPP, Pak Ketum itu kan berpandangan bahwa silaturahim dengan pimpinan politik penting. Jadi sudah dilakukan sejak 1-2 tahun lalu," terangnya.

"Ketika antar elit komunikasi lancar, baik, itu juga sebagian pekerjaan yang akan memudahkan kita melewati krisis, menjalankan program pemerintah. Silaturahim kebangsaan akan dilakukan Pak Airlangga. Beliau akan jawab pada saatnya. Karena kami di bidang pemilu, kami harus kerjakan (Aspirasi pengurus)," imbuhnya.

Sementara Ketua DPD Golkar Jatim Sarmuji menegaskan, pihaknya mendukung Airlangga Hartarto maju Capres 2024 mendatang.

"Salah satu rekomendasi kita (Rapimda), kita minta Pak Airlangga supaya bisa dideklarasikan. Momentumnya tepat, kapan deklarasinya. Syaratnya beliau menyatakan kesiapannya dulu, kita siapkan mesin parpol. Masih tunggu momentum," ujarnya.

Sarmuji menambahkan, saat ini fokus Golkar Jatim untuk bisa memenangkan tahun 2024.

(fat/fat)