Wagub Emil Ajak Pemuda Wirausaha Ciptakan Entrepreneur Muda di Jatim

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 21:57 WIB
wagub emil
Wagub Emil (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengajak Pemuda Wirausaha (Perwira) menjadi kawah candradimuka untuk menciptakan entreprenuer-entrepreneur muda di Jatim. Munculnya entrepreneur muda akan membantu menyerap tenaga kerja di Jatim.

"Jatim ini daerah yang sangat padat, butuh generasi muda yang bergerak di entrepreneur untuk menyerap banyak tenaga kerja dan scale up ekonomi di Jatim. Jatim membangun ekosistemnya lewat MJC (milenial job center)," ujar Wagub Emil saat menjadi narasumber Talkshow dalam rangka Roadshow Perwira Surabaya di Satu Atap Co-Working Place, Surabaya, Rabu (31/3/2021).

Emil menjelaskan Perwira merupakan elemen dan komunitas pemuda yang menyelenggarakan proses inkubasi untuk menciptakan entrepreneur muda. Komunitas ini diharapkan bisa menjadi teladan dan inspirasi dalam kewirausahaan di Jatim.

Menurut Emil, langkah yang dilakukan Perwira sejalan dengan Pemprov Jatim yang ingin terus membangun ekosistem untuk mensupport generasi muda dalam menjawab realita dan masa depan. Di antaranya, bonus demografi di Jatim, ditambah perubahan lapangan pekerjaan yang membuat peluang kerja lebih banyak untuk berwirausaha.

Mantan Bupati Trenggalek tersebut mengapresiasi Perwira di Jatim. Pasalnya, entrepreneur di Jatim masih di bawah rata-rata nasional. Jatim sebesar 1,2 persen, sedangkan rata-rata nasional 3 persen.

Pada kesempatan yang sama, Emil menyatakan bahwa Pemprov Jatim saat ini mengembangkan MJC. MJC disebutnya memberikan peluang bagi generasi muda untuk meningkatkan kemampuannya di era digital 4.0.

Sementara itu, Ketua Panitia Perwira 2021 Nuryadi berharap, Perwira menjadi sebuah ekosistem entrepeneurship anak muda, sekaligus sebagai komunitas yang memberikan solusi kewirausahaan.

"Banyak anak muda yang tercebur di entrepreneur tetapi tidak tahu mulai dari mana, journenya seperti apa. Dengan Perwira ini diharapkan jadi komunitas yang di dalamnya bisa ketemu advisor, mentor, dicarikan pasar, dicarikan modal, dan diberikan arahan-arahan," tandasnya.

(iwd/iwd)