BMKG Sebut April Masuk Musim Kemarau, Waspadai Cuaca Ekstrem Pancaroba

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 08:33 WIB
Masuki Musim Kemarau, Hujan di Jatim Mendominasi Siang Hingga Sore
Hujan di Surabaya (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Awal bulan April 2021 memasuki musim kemarau. BMKG Juanda memprediksi puncak musim kemarau di Jatim pada bulan Juli hingga September mendatang. Diimbau waspada cuaca ekstrem musim pancaroba.

"Akhir bulan ini memasuki musim kemarau," kata BMKG Juanda Surabaya dalam keterangannya, , Selasa (30/3/2021).

Namun, masih terdapat beberapa daerah hari ini diprakirakan turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir pada siang hingga sore hari.

"Tetap waspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang sesaat," tambahnya.

Pagi hari ini, langit dominasi cerah dan berawan. Hanya di wilayah Tuban, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, dan Situbondo yang diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Namun hujan dengan intensitas ringan hingga lebat dan disertai petir dan angin kencang sesaat lebih mendominasi. Diprakirakan hujan dengan intensitas tersebut terjadi di wilayah, Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Trenggalek, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo.

Sedangkan saat malam hari, cuaca kembali cerah dan berawan. Hanya beberapa daerah 19.00 WIB - 22.00 WIB diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Suhu udara berkisar 17-33° C. Kelembapan udara mencapai 65-100%. Angin dominan dari timur laut dengan kecepatan 30 km/jam.

(fat/fat)