Mahasiswa ITS Berinovasi Kembangkan Game Pentingnya Sex Education

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 11:45 WIB
Mahasiswa ITS Sampaikan Sex Education Lewat Game Inovatif
Foto: Istimewa (Dok ITS)
Surabaya -

Saat ini tak sedikit anak-anak hingga remaja rentan mengalami pelecehan seksual. Melihat banyaknya kasus pelecehan, mahasiswa ITS yang tergabung dalam Tim Bramunastya mengembangkan inovasi 3D modeled game, untuk meningkatkan kesadaran anak SD akan pentingnya sex education.

Aqilla Suci Fattimatuz Haya, Muhammad Adrian Fadhilah, Rendy Ichsan Hanif, Rizki Amrizal, dan Hammam Dyahurrahman Yusdin, adalah mahasiswa yang mengembangkan Sex Education Game atau XEGA. Mahasiswa Departemen Teknik Sistem dan Industri ini memanfaatkan Microsoft Kodu Game Lab sebagai basis pengembangan game.

Salah satu tim, Aqilla Suci Fattimatuz Haya menjelaskan alasan memilih mengembangkan permainan dengan model 3D. Yaitu selama ini media yang menyediakan layanan serupa, umumnya dari segi grafis masih menggunakan model dua dimensi dan sangat text oriented.

"Dari survei yang kita lakukan, 68 persen dari seluruh responden percaya bahwa game lebih dipilih oleh anak-anak daripada video atau teks," kata Aqilla, Kamis (18/3/2021).

Untuk menggunakan permainan tidak perlu membayar sepeser pun dan bisa diakses oleh siapa saja. Untuk memainkannya, hanya diperlukan laptop atau komputer dan Microsoft Kodu Game Lab yang ter-install di dalamnya.

"Di XEGA nanti, cerita dimulai di sebuah kota bernama Majapahit. Di awal permainan, pemain akan mendapatkan nama karakter mereka, Kartono atau Kartini, sesuai dengan jenis kelamin mereka," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2