Pasien COVID-19 di Surabaya yang Isolasi Mandiri Bakal Dapat Sembako

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 23:47 WIB
Wali Kota Eri Cahyadi
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi/Foto file: Esti Widiyana
Surabaya -

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, warga harus bangkit dari pandemi COVID-19. Perekonomian harus kembali berjalan seperti saat keadaan normal.

Bagi warga yang terpapar COVID-19 dan tidak bisa bekerja karena harus menjalani perawatan, dan tergolong kelompok warga yang tidak mampu, maka akan diberi bantuan. Di mana, bantuan tersebut berupa sembako.

"Ketika ada yang terpapar langsung mendapatkan bantuan," kata Eri, Senin (8/3/2021).

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan, bantuan sembako itu ditujukan pada warga yang dinyatakan positif COVID-19. Mereka yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Karena warga tidak bisa bekerja, pemkot memberikan bantuan," katanya.

Menurutnya, sembako yang diberikan beragam. Mulai dari beras, minyak, hingga gula. Diharapkan bantuan itu bisa mengurangi beban warga yang terpapar COVID-19.

"Pemberian paket sembako itu berasal dari APBD pemkot. Saat ini tim anggaran tengah melakukan perhitungan. Memastikan alokasi dana yang dibutuhkan. Dalam waktu dekat rampung," jelasnya.

Ia menambahkan, distribusi bantuan sembako sejatinya sudah berjalan ketika awal pandemi COVID-19. Pemkot membentuk satgas percepatan penanganan COVID-19 serta kampung tangguh.

Kemudian, pada struktur kampung tangguh terdapat satgas wani sejahtera. Tugasnya melakukan pendataan warga yang terdampak pandemi COVID-19. Warga yang ekonominya terdampak diberikan bantuan sembako.

"Konsep pemberian sembako memang mirip dengan tahun lalu. Yang membedakan, pemberian itu langsung dari pemkot. Kalau dulu berasal dari lumbung pangan kampung tangguh," pungkasnya.

(sun/bdh)