Banjir Lahar Semeru Kembali Terjang Sungai, Penambangan Pasir Terhenti

Nurhadi Wicaksono - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 21:04 WIB
banjir lahar gunung semeru
Foto: Nurhadi Wicaksono
Lumajang -

Kawasan Gunung Semeru diguyur hujan dengan intensitas tinggi sehingga mengakibatkan banjir lahar hujan di sejumlah Daerah Aliran Sungai (DAS). Banjir lahar hujan terjadi di Sungai Renteng, Desa Sumber Wuluh, Candipuro, Lumajang.

Banjir lahar hujan terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Banjir lahar hujan Gunung Semeru membawa material vulkanis berupa pasir dan batu. Para penambang yang sedang melakukan aktivitas langsung menghentikan aktivitas pertambangan pasir karena besarnya banjir.

"Ini banjir dari Gunung Semeru. Kalau seperti ini warga gak berani menambang karena takut terbawa arus banjir," ujar warga Desa Sumber Wuluh, Bahri kepada detikcom Senin (8/3/2021).

BPBD Lumajang mengimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar DAS yang dialiri banjir lahar hujan gunung Semeru untuk meningkatkan kewaspadaan saat terjadi banjir lahar.

"BPBD Lumajang tidak henti-hentinya mengimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar DAS yang dialiri banjir lahar Gunung Semeru untuk meningkatkan kewaspadaan saat terjadi banjir lahar " ujar Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo.

Selain di sungai Renteng, banjir lahar hujan Gunung Semeru juga mengalir ke sungai Leprak, Rejali, dan Curah kobokan.

(iwd/iwd)